HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sail Sabang 2017, Luhut Minta Persiapan Dipercepat

4

HARIANACEH.co.id, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memimpin rapat koordinasi (Rakor) penyelenggaraan Sail Sabang 2017.

Sail Sabang 2017 akan berlangsung di Kota Sabang (Pulau Weh) pada 28 November hingga 5 Desember 2017 mendatang.

Luhut menjelaskan, Rakor hari ini merupakan kelanjutan dari rapat persiapan pada 3 November 2016 yang lalu dilanjutkan beberapa kali Rakor pada Januari dan Maret tahun ini.

“Rakor hari ini membahas sejumlah agenda persiapan 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibiltas), persiapan SDM, serta strategi promosi untuk mensukseskan event Sail Sabang 2017,” kata Luhut di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Rakor tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Tonny Budiono, dan perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Luhut menyampaikan, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan Sail Tomini 2015, penyelenggaraan Sail Indonesia berikutnya harus dipersiapkan lebih awal, paling tidak dua tahun sebelumnya sehingga hasilnya lebih sempurna.

“Untuk ini, harus memiliki manajemen marketing yang efektif dan intensif, paling tidak setahun sebelumnya sudah dipasarkan supaya seluruh nusantara dan dunia tahun,” katanya menirukan ucapan Presiden.

Menpar Arief Yahya yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman menuturkan, promosi Sail Sabang 2017 terus dilakukan melalui media online dan offline, serta kepada sejumlah komunitas yachter internasional.

Dadang menuturkan, sebagai dukungan fasilitas akomodasi untuk kunjungan sekitar 5.000 tamu undangan pada event ini, selain hotel yang sudah ada di Sabang, juga dipersiapkan penginapan apung  kapal Pelni dan kapal yacht serta homestay sebanyak 19 buah dengan kapasitas 96 kamar.

Sementara itu untuk sarana transportasi udara dipersiapkan penerbangan ke bandara Sabang, dan transportasi laut antara lain dengan menambah kapal penyeberangan berupa tiga kapal cepat sebanyak 3 trip/hari dengan jumlah  2.400 penumpang  serta kapal ferry lambat untuk mengangkut logistik.

Sebagai infromasi, penyelenggaraan Sail Sabang 2017, merupakan event tahun Sail Indonesia yang dimulai Sail Bunaken  2009 dan terakhir Sail Selat Karimata 2016. Sail Sabang 2017 yang mengangkat tema “Sabang sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional”.

Acara sendiri akan berlangsung di empat lokasi yakni, Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan 4 Km. 0 (nol). Sebagai puncak acara akan berlangsung di Pasiran, Teluk Sabang dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo. (Harian Terbit)

loading...