HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tes Uji Coba Nuklir, Kini Korea Utara Sudah Masuki Tahapan Akhir

7

HARIANACEH.co.id, SEOUL – Citra satelit menunjukkan bahwa Korea Utara (Korut) kemungkinan besar tengah mempersiapkan tes nuklir.

Foto satelit itu diambil pada Sabtu 26 Maret menunjukkan empat kendaraan atau alat pengangkut yang terus menerus masuk ke lokasi tes nuklir Punggye-ri.

“Perlengkapan ini kemungkinan besar akan digunakan untuk melakukan tes. Termasuk juga mengumpulkan data dari ledakan dan memproses data tersebut,” ujar pernyataan aktivis 38 North, seperti dikutip AFP, Rabu 29 Maret 2017.

Pekan lalu, militer Amerika Serikat (AS) juga menyimpulkan hal serupa. Kesimpulan diambil setelah melihat aktivitas di lokasi uji situs nuklir.

Korut selam ini mencoba untuk mengembangkan rudal jarak jauh yang bisa menyentuh AS dan bisa dilengkapi hulu ledak nuklir. Hingga saat ini Korut sudah melakukan uji coba sebanyak lima kali, termasuk dua di antaranya pada 2016.

Uji coba terbaru tentu akan menjadi tantangan baru bagi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Sebelumnya dia menyebutkan bahwa rudal balistik antar benua dari Korut tidak akan terwujud di masa pemerintahannya. Korut pun melakukan uji coba rudal pada 2016. Pada awal Maret ini, mereka melesakkan empat rudal yang diarahkan ke laut Jepang. Rudal itu dianggap sebagai latihan untuk menyerang pangkalan militer AS di Jepang.

Segera setelah itu, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengunjungi kawasan Asia dan menyebutkan bahwa 20 tahun untuk melemahkan program nuklir Korut berakhir dengan kegagalan. Dia menjanjikan pendekatan baru tanpa menyebutkan bentuk pendekatan itu.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time