HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Effendi Hasan; Radikalisme Muncul Karena Kemiskinan

Dialog Publik Resolusi Penanganan Berkembangnya Gerakan Radikalisme

7

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Gerakan-gerakan radikalisasi tetap akan muncul bila kemiskinan masih membelit rakyat Aceh. Hal ini dikatakan Pakar Resolusi Konflik Unsyiah, Dr Effendi Hasan, MA pada dialog publik yang bertemakan ‘Resolusi Penanganan Berkembangnya Gerakan Radikalisme’ di cafe 3in1, Kamis 30 Maret 2017.

Wakil Dekan I Fisip Unsyiah ini juga mengatakan, selain faktor kemiskinan, radikalisme juga bisa diakibatkan adanya kesenjangan sosial di masyarakat. “Radikalisme akan tumbuh lagi di Aceh, bila kemiskinan masih menyelimuti Aceh, juga akibat kesenjangan sosial dimasyarakat antara si kaya dan si miskin atau istilah kerennya kapitalisme masih terjadi di Aceh,” ujarnya.

Effendi melanjutkan, radikalisme bisa juga diakibatkan karena ketidakadilan kebijakan negara yang tidak pro rakyat. “Kebijakan-kebijkan pemerintah yang tidak memihak kepada rakyat berpotensi tumbuhnya paham radikalisme. Bila pemerintah tidak punya inisiatif untuk mencegah ini, potensi radikalisme tetap muncul lagi,” sebut mantan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa IAIN Ar-Raniry ini.

Diskusi yang diadakan oleh Kammi Aceh bekerjasama dengan IDeAS menghadirkan narasumber dari Badan Kesbangpol Aceh, FKPT Aceh, dan turut dihadiri akademisi Unsyiah Saifuddin Bantasyam, Kepala Ombudsman Aceh, Dr Taqwaddin dan Kepala Kesbangpol,  Mahdi Efendi serta Subur Dani (Wartawan Serambi Indonesia) selaku moderator.

loading...