HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Aksi 313

KH Ma’ruf Amin Minta Agar Aksi 313 Dilakukan Santun dan Baik

9

HARIANACEH.co.id, Jakarta – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin menilai aksi 31 Maret 2017 atau dikenal 313 tidak perlu terjadi. Menurutnya, aksi-aksi sebelumnya telah didengar pemerintah. Namun, jika tetap digelar, aksi itu harus dilakukan dengan santun.

“Menurut saya besok tidak perlu lagi demo-demo, sebenarnya keinginan-keinginan itu sudah cukup didengar,” kata Ma’ruf usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis 30 Maret 2017.

Namun, bila demontsrasi tetap dilakukan, ia berharap berjalan santun dan tertib. Ia meminta demonstrasi ini tidak melebar. Apalagi, sampai ada upaya ingin mengganti pemerintahan.

“Saya kira itu ngawur (ganti pemerintahan), itu tidak tepat. Sampaikan dengan tertib, santun, jangan ada kemana-mana, melebar kemana-mana, itu harapan kami,” ujar dia.

Rais Aam PBNU itu mengingatkan umat Islam menjaga situasi kondusif. Keutuhan negara, kata dia, harus dijaga.

Meski dalam pertemuan tidak membahas aksi 313, namun, Presiden sangat konsen untuk menciptakan situasi yang kondusif.

“Beliau sangat konsen sangat mengharapkan (situasi kondusif dan keutuhan negara terjaga). Secara khusus (dengan Presiden) tidak menyinggung soal demo, tapi saya memang mengharapkan seperti itu,” pungkas dia.

Sejumlah Ormas Islam berencana menggelar aksi bertajuk 313. Tuntuan aksi meminta Gubernur DKI nonaktif Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama segera ditahan atas kasus dugaan penodaan agama.

Massa aksi juga meminta pemerintah memberhentikan sementara Ahok sebagai Gubernur DKI. Sebab, Ahok saat ini menyandang status terdakwa.(mtvn)

loading...