HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pada Awal Bulan April Akan Dipasang Dinding Turap di Kali Ciliwung Bukit Duri

5

HARIANACEH.co.id, Jakarta – Bulan depan, Pemerintah DKI Jakarta akan memasang dinding turap Kali Ciliwung yang melintasi Bukit Duri. Panjang turap diperkirakan 700 meter, dari Bukit Duri Tongtek hingga Perumahan Garuda.

“Bulan April bakal diturap 700 meter. Kami berterima kasih kepada masyarakat yang setuju,” kata Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis 30 Maret 2017.

Ia menyebutkan, normalisasi kali salah satu kunci menyelamatkan Jakarta dari banjir. Karena itu, normalisasi Kali Ciliwung tidak bisa ditawar lagi dan harus segera terealisasi.

Menurut dia, berkurangnya titik banjir di Jakarta pada 2017 karena 42% normalisasi sungai dan kali selesai. “Sekarang, genangan cuma 3 hingga 4 jam, lalu surut,” ujar Sumarsono.

Kendala normalisasi sungai adalah pembebasan lahan. Sumarsono meminta seluruh pihak segera mengatasi permasalahan ini, tentu dengan dukungan masyarakat, sehingga normalisasi sungai cepat selesai.

“Normalisasi butuh waktu, bukan (hanya) uang. Kami targetkan sebelum 2019 selesai, tapi semua tergantung pembebasan lahan,” tandas Sumarsono.(mtvn)

loading...