HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tiap Bulan Ada 150 Barang Tertinggal di KRL

Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila di Commuter Control Room (CCR), Kantor KCJ, Stasiun Juanda. (MTVN/M Sholahadhin Azhar)
37

HARIANACEH.co.id, Jakarta  PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menemukan sekitar 150 barang tertinggal di kereta rel listrik (KRL) tiap bulan. Barang-barang itu dapat kembali kepada penumpang karena aplikasi lost and found yang terintegrasi dengan Commuter Control Room (CCR) di kantor KCJ, Stasiun Juanda.

“Kita menemukan dan mengembalikan barang penumpang yang tertinggal,,” ujar Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila di kantornya, Jakarta, Kamis 30 Maret 2017.

Menurut dia, saat ini ada 500 CCTV tersebar di seluruh stasiun yang dilewati KRL se-Jabodetabek. Lima hingga 10 kamera ditempatkan di sisi titik strategis sehingga bisa memantau langsung kondisi di lapangan.

Masyarakat bisa langsung bisa melaporkan melalui aplikasi lost and found bila kehilangan barang. Petugas akan mengecek kebenaran laporan dari kamera di stasiun.

Dari laporan yang terintegrasi dengan CCR, petugas akan menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan petugas di lapangan. “Ada dua radio di sini yang bisa digunakan menghubungi petugas di stasiun,” kata Fadhila.

Ia mengklaim, koordinasi intens antara aplikasi, control room, dan petugas di lapangan, telah berhasil mengembalikan banyak barang berharga. Tas, laptop, hingga duit Rp50 juta berhasil dikembalikan kepada penumpang.

“Selama penumpang tahu KA itu di mana, nomornya berapa. Tapi terkadang yang mencuri juga banyak, makanya masyarakat harus cepat lapor,” pungkas dia.(mtvn)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat