HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Skema Grace Period KUR untuk Sektor Produktif Sedang Dikaji Darmin

10

HARIANACEH.co.id, Semarang — Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengkaji skema grace period (masa tenggang pembayaran angsuran) Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk sektor produktif. Pasalnya, banyak petani di sektor ini yang produktivitasnya rendah lantaran minimnya kepemilikan lahan (sekitar 2 hektare per KK).

“Banyak petani kebun karet di Sumatera produktivitasnya rendah. Untuk komoditas yang usianya lebih dari satu tahun ini mulai kita desain (skema cicilannya) karena risikonya mulai berubah,” kata Darmin dalam konferensi pers di Hotel Gumaya, Semarang, Jawa Tengah, Jumat 31 Maret 2017.

Darmin menuturkan, kajian tersebut dilakukan guna mendongkrak alokasi KUR ke sektor produktif tahun ini sebesar Rp40 triliun atau 40 persen dari target KUR Rp100 triliun. Dia mencatat, tahun lalu hanya 22 persen dari total Rp94 triliun KUR yang mengalir ke sektor produktif baik pangan, ternak, nelayan, maupun kerajinan.

“Ke depan arahnya (KUR produktif) meningkat terus, idealnya mungkin 80 persen,” tutur dia.

Terkait komoditas yang usianya di bawah satu tahun, pemerintah telah meminta perbankan agar memberikan tenor sesuai usia panen dan dibayarkan setelah masa panen atau yang dikenal sistem “yarnen”.

“Misal padi, kalau satu musim enam bulan jangan paksa petani pinjam (tenor) setahun ya barangkali petani bisa pinjam ke perbankan dua kali dalam setahun. Kita juga mulai dorong pembayarannya yarnen, atau bayar saat panen. Lah orang untuk hidup saja susah masa disuruh bayar kredit sih,” ungkap mantan Gubernur BI ini.

Selain itu, pemerintah juga mendorong replanting sebagian lahan petani ke peternakan, sayuran maupun komoditas hortikultura. Hasil replanting ini bisa digunakan untuk mencicil pinjaman para petani terhadap pembiayaan formal.

“Beberapa usaha seperti peternakan sapi indukan, perkebunan karet dan lainnya rencananya akan diberi insentif KUR ini,” tandasnya. (mtvn)

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time