HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Harga Acuan 3 Komoditas Utama Akan Ditetapkan Pada 10 April 2017

10

HARIANACEH.co.id, SEMARANGMenteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menetapkan harga acuan untuk tiga komoditas pangan utama mulai 10 April. Upaya ini dalam rangka menjaga target inflasi volatile food yang kerap mengerek indeks harga konsumen (IHK) secara keseluruhan.

“Kita tetapkan untuk tiga dulu ya, gula, minyak goreng, dan daging beku,” ujar Enggar seusai menghadiri rakor di Hotel Gumaya, Semarang, Jawa Tengah, Jumat 31 Maret 2017.

Tiga komoditas tersebut ialah gula dengan harga Rp12.500 per kilogram (kg), minyak goreng curah Rp11.000 per kg, dan daging beku Rp80.000 per kg. Harga tersebut akan berlaku untuk seluruh Indonesia.

“Kami minggu depan akan undang produsen yang mereka rata-rata sudah sepakat tapi masih menjual harga di atas itu. Kita akan undang untuk mengikuti kesepakatan,” tutur dia.

Enggar mengatakan, penetapan harga akan dikaji sampai akhir tahun. Bila ada distributor yang menetapkan harga di atas ketentuan Kementerian Perdagangan maka dipastikan terjadi upaya ritel.

“Kalau ada yang bermain kami akan masuk kalau itu terjadi maka ada upaya kartel harga,” tegas dia.

Terkait kebutuhan pokok menjelang Ramadan dan Idul Fitri, Enggar mengaku sudah menjaga ketersediaan bahan pokok bahkan untuk pasca-Lebaran.

“Kita fokus menjelang Lebaran dulu. Stok kami cukup, minyak goreng ada 1 juta ton, gula cukup,” tutup dia. (mtvn)

loading...