HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ichsan Yasin Limpo Target Kumpulkan Dua Juta KTP Untuk Maju Pilgub Sulsel

Pemilihan Kepala Daerah

6

HARIANACEH.co.id, MAKASSAR — Mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo menargetnya mengumpulkan 2 juta salinan KTP, sebagai lampiran untuk mencalonkan diri lewat jalur independen di pemilihan gubernur Sulawesi Selatan 2018.

Ichsan mengklaim sejauh ini telah mengumpulkan setidaknya 1 juta lembar KTP. Salinan dilengkapi dengan surat pernyataan dukungan mencalonkan diri. Adapun calon pendampingnya masih sedang dijajaki.

“Syarat melalui jalur independen mengumpulkan KTP minimal tujuh persen dari jumlah pemilih, atau sekitar lima ratus ribu. Sejauh ini jumlah dukungan sudah melebihi syarat tersebut,” kata Ichsan di Makassar, Jumat 31 Maret 2017.

Ichsan mengungkapkan bakal terus mengumpulkan dukungan KTP dan hingga jelang masa pendaftaran jalur independen. Di saat bersamaan, adik Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo itu juga mengupayakan pengusungan diri lewat partai politik. Tim relawannya kini sibuk menggalang dukungan di setiap kabupaten/kota di Sulsel.

“Saya sudah siap maju di pilgub, baik melalui parpol maupun jalur independen,” ujar Ichsan.

Terpisah, komisaris KPUD Sulsel Faisal Amir menjelaskan pendaftar bakal calon gubernur lewat jalur independen harus melampirkan dukungan 7 persen dari total pemilih. Itu sebanding dengan sekitar 500 ribu dari total 6 juta pemilih di Sulsel. Dukungan ditandai dengan salinan KTP dan surat pernyataan mendukung calon bersangkutan.

“Pernyataan dukungan ini ditujukan bagi bakal calon gubernur dan wakilnya. Artinya satu paket. Bukan per orang saja,” kata Amir.

Saat ini sejumlah figur di Sulsel muncul sebagai kandidat calon gubernur. Mereka di antaranya Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang; Ketua DPD Golkar Sulsel Nurdin Halid; Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni’matullah; dan Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah. Sebagian partai politik belum menentukan sikap terkait calon usungan masing-masing. (mtvn)

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time