HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini Dia Peran Penting Jakarta Creative Hub di Dunia Industri Kreatif

6

HARIANACEH.co.id — Jakarta Creative Hub (JCH) punya peran vital sebagai pusat pengembangan industri kreatif. Sarana pelatihan seluas 1.500 meter persegi di Gedung Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat, diharapkan melahirkan pengusaha baru.

JCH dilengkapi sekitar 12 ruangan yang bisa digunakan untuk rapat, pelatihan, forum komunikasi masyarakat maupun komunitas. Praktisi profesional akan bergabung memberikan program pengembangan.

“Ini betul-betul ibu kandung yang akan melahirkan pengusaha-pengusaha baru. Kami (Pemprov DKI) tugasnya di sini hanya sebagai bidan melahirkan saja,” kata Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono di Graha Niaga Thamrin, Jumat 31 Maret 2017.

JCH juga memiliki beragam fasilitas penunjang untuk mendukung bidang usaha. Pengembangan awal, lima bidang usaha, yakni kriya, fesyen, desain komunikasi visual (DKV), arsitektur, dan desain produk bisa menggunakan mesin seperti 3D printing, laser cutting, woodworking, mesin jahit, dan vacuum forming.

Bangunan yang tidak jauh dari pusat perbelanjaan tekstil Tanah Abang ini juga dilengkapi fasilitas AC dan kafe yang modern. Peserta yang mengikuti program JCH akan mendapatkan biaya bersubsidi. Nantinya, JHC akan buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai jam 21.00 WIB.

“Selama setahun mereka akan ditraining, diberikan orientasi, fasilitas, sharing informasi, juga bimbingan dan pendampingan,” ujar Sumarsono.

Ia menyampaikan, banyak perusahan swasta yang ingin bergabung menyalurkan bantuan corporate social responsibility (CSR) dalam program JCH. Pengelolaan JH oleh profesional di bawah naungan Pemprov DKI.

“Jakarta Creative Hub ini ada manager yang memang secara profesional di luar PNS,” tutur Sumarsono.

Sumarsono menyakini program JCH punya segudang manfaat bagi generasi muda. Peluang kesempatan melepas kreatifitas kini bisa disalurkan secara positif.

“Kalau mereka menganggur, energinya tersimpan kemudian tawuran. Ini sebenarnya untuk mencoba dan mengkonsolidasi supaya (anak muda) bisa produktif,” ujarnya. (mtvn)

loading...