HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pedoman Negosiasi Brexit Akhirnya Diluncurkan Uni Eropa

Presiden Uni Eropa Donald Tusk dalam kongres EPP di Malta, 30 Maret 2017. (AFP/MATTHEW MIRABELLI)
23

HARIANACEH.co.id, Brussels — Uni Eropa akan menghadirkan pedoman negosiasi Brexit, Jumat 31 Maret 2017, dua hari setelah Perdana Menteri Inggris Theresa May memulai proses penarikan diri dari keanggotaan organisasi tersebut.

Presiden Uni Eropa Donald Tusk akan mengeluarkan kerangka pedoman prioritas politik bagi 27 negara anggota yang masing-masing akan bernegosiasi dengan Inggris.

Jerman dan Prancis telah bersatu menghadapi PM May, yang ingin menegosiasikan perceraian Inggris dan menjalin hubungan baru secara bersamaan. Panduan dari Dusk diduga akan menyampaikan pesan keras senada dengan Berlin dan Paris.

Singkat kata, Uni Eropa dan 27 negara anggotanya tidak akan membiarkan Inggris keluar dengan membawa banyak keuntungan. Hal tersebut bertujuan mencegah adanya negara anggota lain yang ingin berpisah.

Tusk akan berpidato dalam sebuah konferensi pers di Malta bersama Perdana Menteri Joseph Muscat untuk mendiskusikan strategi Brexit.

Panduan Uni Eropa juga diyakini berisi lebih banyak detail mengenai periode transisi, antara Brexit pada 29 Maret 2019 dan dimulainya perjanjian dagang baru beberapa tahun setelahnya.

Para anggotan Uni Eropa akan mengadopsi panduan itu dalam sebuah konferensi tingkat tinggi khusus pada 29 April. Kepala negosiator Uni Eropa asal Prancis, Michel Barnier, telah memberikan lampu hijau untuk bernegosiasi dengan Inggris pekan depan.

PM May secara resmi menyatakan berpisah dari Uni Eropa melalui sebuah surat yang disampaikan kepada Tusk pada Senin kemarin. (mtvn)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat