HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Polres Jakpus Terjunkan 1.000 Personel Untuk Amankan Aksi 313

6

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — Ribuan personel gabungan mengamankan aksi unjuk rasa 31 Maret 2017 atau aksi 313 di Bundaran Patung Kuda, Arjuna Wiwaha, Merdeka Barat. Sementara sebagian lainnya berjaga di dekat Stasiun Gambir, dan Medan Merdeka Utara.

Dari 5.000 personel gabungan, Polres Jakarta Pusat menerjunkan sekitar 1.000 orang. “Ini gabungan, ada dari Brimob, Mabes Polri, Polres Jakpus, Polsek, Satpol PP, TNI dan dinas perhubungan,” kata Kepala Bagian Operasi Polres Jakarta Pusat AKBP Asfuri, Jumat 31 Maret 2017.

Di depan Istana Negara atau wilayah ring satu disterilisasi sejak pukul 09.00 WIB. Pedemo yang melakukan long march dari Masjid Istiqlal melewati Balai Kota menuju Istana tertahan di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Asfuri menyebut, pengamanan yang dilakukan sesuai arahan  Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Dia berharap massa aksi dapat menjalankan aksi dengan damai. “Ya kita maunya damai, masyarakat bisa menyampaikan aspirasi dan pulang ke rumah masing-masing,” ucap Asfuri.

Personel gabungan mengamankan aksi unjuk rasa 31 Maret 2017 atau aksi 313 di Bundaran Patung Kuda, Arjuna Wiwaha, Merdeka Barat. (MTVN/M Sholahadhin Azhar)

Polda Metro Jaya memutuskan titik aksi unjuk rasa 313 di sekitar Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat. Sedangkan di depan Istana Negara steril dari massa.

Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan mengatakan, keputusan itu diambil setelah melalui pertimbangan. Menurutnya, kebijakan serupa juga ia terapkan saat aksi 411 dan 212. “Tidak ada masalah, dari dua aksi itu kami lakukan hal yang sama,” kata Iriawan di kawasan Monas, Jakarta, 31 Maret 2017.

Iriawan meyakini kebijakan itu tidak akan mendapatkan protes dari peserta unjuk rasa. Pertimbangan itu diambil karena areal depan Istana tidak bisa menampung peserta aksi yang banyak. (mtvn)

loading...