HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ikatan Pemuda Aceh Damai Gelar Raker Perdana

6

HARIANACEH.co.id — Ikatan Pemuda Aceh Damai (IPAD) yang melibatkan beberapa pemuda Aceh menggelar rapat kerja perdana di Gapang, Sabang, Sabtu 31 Maret 2017. Rapat kerja berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 31 Maret sampai 2 April 2017.

Ketua IPAD, Khalid Nazar mengatakan rapat kerja ini digelar untuk membahas beberapa persoalan terkait tujuan, visi dan misi serta program organisasi. “Kami membahas berapa visi dan misi organisasi ini juga menyusun beberapa agenda yang akan kami realisasikan dalam bentuk program-program pada setiap devisi,”

Dikatakan ada 11 program kerja yang akan mereka rencanakan pada kurun waktu 2 tahun kedepan. Diantaranya diskusi publik, pembekalan kapasitas pemuda dan pelatihan terkait perdamaian.

Adapun IPAD sendiri dibentuk atas kesadaran beberapa pemuda Aceh untuk menjaga dan merawat nilai-nilai perdamaian dalam bingkai persatuan.

“Ikatan ini kami bentuk atas kesadaran terhadap  persoalan yang terjadi di kalangan masyarakat, khususnya pemuda Aceh agar lebih peduli terhadap hak dasar warganegara. Pasca perdamaian Aceh 15 Agustus 2005 silam sampai hari ini masih banyak sekali terutama di kalangan pemuda yang belum memahami arti perdamaian sehingga dengan lahirnya IPAD ini bisa menjadi salah satu lembaga yang menampung, mendapingi, mengkaji serta mengkampanyekan butir-butir perdamaian sebagaima yang kita harapkan bersama.” Jelas Khalid.

Acara ini difasilitasi oleh Aceh Women’s for Peace Foundation (AWPF). AWPF juga terlibat dalam mengisi beberapa materi terkait perdamaian dan kesetaraan gender.

Direktur AWPF, Irma Sari berharap dengan adanya ikatan ini pemuda menjadi lebih peduli terhadap persoalan perdamaian dan kesetaraan gender. “Kami ingin dengan adanya ikatan ini dapat membangun semangat pemuda dalam menjaga dan merawat perdamaian, dan juga bisa menjadi pelopor dalam membela hak-hak perempuan.” tutup Irma. (lul)

loading...