HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Theresa May: Intelijen Arab Saudi Banyak Selamatkan Warga Inggris

5

HARIANACEH.co.id, London — Perdana Menteri Theresa May bersiap melakukan kunjungannya ke beberapa negara di Timur Tengah, termasuk Yordania dan Arab Saudi.

PM May menekankan kerja sama Inggris dengan negara-negara Arab, terutama dalam upaya melawan terorisme.

“Kita tidak boleh lupa bahwa intelijen-intelijen yang kita terima di masa lalu dari Arab Saudi telah menyelamatkan ratusan nyawa warga Inggris,” ungkap PM May, seperti dilansir politicshome.com, Senin 3 April 2017.

“Dan kedua negara bisa bekerja sama lebih banyak di bidang perdagangan, di mana investasi Arab Saudi dapat mendorong perekonomian Inggris,” lanjut dia.

Pernyataan diungkapkan PM May setelah Menteri Luar Negeri Boris Johnson meminta maaf kepada pemerintah Arab Saudi terkait insiden pelemparan telur dari seorang pendemo ke salah satu petinggi Riyadh.

Pelemparan telur dilakukan seorang aktivis terhadap Jenderal Ahmed Asiri, juru bicara koalisi pimpinan Arab Saudi dalam konflik Yaman.

Sebelum ke Arab Saudi, PM May akan memulai tur Timur Tengah ke Yordania. Di sana, ia akan memperkuat tekad Inggris dalam kerja sama melawan kelompok militan Islamic State (ISIS).

Tim pelatih Inggris akan dikirim ke Yordania, sementara pilot-pilot Yordania juga diizinkan berlatih di Inggris.

“Yordania berada di garis depan dalam sejumlah krisis regional, dan saya menegaskan bahwa bekerja sama dengan mereka akan membuat warga Inggris merasa nyaman,” sebut PM May.

Menteri Ekonomi Inggris Philip Hammond juga dijadwalkan melakukan kunjungan luar negeri pekan ini. Ia akan memimpin sebuah delegasi, termasuk Gubernur Bank Inggris Mark Carney, dalam kunjungan ke India.

loading...