HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Terkait Hasil Keputusan Final MK

Irwandi-Nova Kembali ‘Kandaskan’ Muzakkir Manaf-TA Khalid

4

HARIANACEH.co,id, JAKARTA – Setelah dikalahkan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah dalam pertarungan di pilkada Aceh 15 Februari lalu, pasangan calon nomor urut 5, Muzakkir Manaf – TA Khalid kembali di “kandaskan” pasangan gubernur Aceh nomor 6 di Kantor Mahkamah Konstitusi RI, Selasa 4 April 2017.

Kekalahan yang dimaksudkan adalah setelah dikeluarkan keputusan Mahkamah Konstitusi terkait tidak diterimanya permohonan pasangan calon Muzakkir Manaf-TA Khalid terhadap sangketa pilkada Aceh 2017. Keputusan final yang dibacakan oleh Hakim Ketua MK, Arief Hidayat di ruang sidang Panel II Lantai 2 mahkamah Konstitusi, Jl. Merdeka Barat No.6 Jakarta Pusat nyatakan permohonan pemohon tidak diterima alias di tolak.

Adapun alasan MK menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima, dikatakan Kuasa Hukum Irwan-Nova, Sayuti Abubakar Peusangan dikutip dari release nya adalah karena permohonan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum untuk mengajukan permohonan, yaitu tidak terpenuhinya ambang batas perolehan suara untuk provinsi Aceh yaitu 1,5 persen. “Selisih perolehan suara pemohon dengan paslon Irwandi-Nova adalah hampir mencapai 6 persen, sebagaimana dipersyaratkan dalam Pasal 158 ayat (1) UU Pilkada jo. Pasal 7 ayat (1) PMK No 1 Tahun 2016,” ujarnya.

Dengan keputusan MK ini, lanjutnya, sudah sesuai dengan aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku termasuk UUPA sebagai landasan hukum yang khusus bagi Aceh. “Dengan keputusan MK tersebut maka jelas sah secara hukum bahwa Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih periode 2017-2022,” jelasnya, Selasa 4 April 2017.

Dengan dikeluarkan keputusan final tersebut oleh MK, Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah mengalahkan Muzakkir Manaf – TA Khalid dalam sangketa pilkada 2017. Keputusan itu juga mengantarkan Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah secara hukum sah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022. Acara sidang pleno MK berlansung aman dan lancar dan di hadiri kurang lebih 100 orang.

 

loading...