HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bupati Aceh Jaya Buka Piasan Raya Gemilang

8

HARIANACEH.co.id, ACEH JAYA – Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman membuka piasan raya Aceh Jaya Gemilang, yang dipusatkan di Setia Bakti, Kamis 6 April 2017.

Dalam sambutannya, Azhar mengatakan Piasan Raya Aceh Jaya Gemilang ini merupakan wahana pemersatu rakyat Aceh Jaya, serta juga untuk melestarikan adat dan budaya daerah, khususnya adat dan budaya Aceh Jaya. “Piasan Raya ini sebagai ajang untuk melestarikan adat budaya Aceh Jaya, umumnya budaya Aceh,” ujar Azhar.

Lebih lanjut, Azhar Abdurrahman mananggapi terkait pro kontra piasan raya tersebut, bahwa piasan raya membuang banyak dana, Azhar mengatakan, untuk melestarikan adat istiadat serta seni budaya Aceh memang membutuhkan banyak biaya, karena adat istiadat dan budaya Aceh tidak ternilai harganya. “Mate aneuk meupat jeurat, gadoh adat hana pat tamita,” tegas Azhar.

Azhar menambahkan melalui Piasan Raya Aceh Jaya Gemilang, yang dilaksanakan di kecamatan-kecamatan ini untuk membangun kembali persatuan dan kesatuan untuk  menyatukan masyarakat Aceh Jaya pasca pemilu, kerena selama ini cenderung terkotak-kotak pasca pilkada 15 Februari lalu. “Pilkada telah usai, kemenangan hasil pilkada kemarin adalah kemenangan rakyat Aceh Jaya, untuk itu mari kita bersatu untuk sama-sama membangun dan sama-sama menikmati hasil pembangunan lima tahun kedepan di bawah kepemimpinan bupati dan wakil bupati terpilih 2017-2022,” pinta Azhar sambil mengajak Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk merealisasikan pencetus Program Gerbang Raja Aceh Jaya.

Sementara Camat Setia, Bakti Ibnu Abbas, SE menyebutkan acara tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari dengan melombakan tarian adat, peragaan busana adat kuliner tradisional seperti tot apam dan lumping sagee serta perlombaan permainan rakyat seperti patok lele, geunteut, galah panyang, gaseng dan ada satu cabang yang tidak dilombakan di kecamatan lainnya yaitu geulayang tunang.

Acara tersebut diawali dengan pelepasan peserta pawai keliling oleh Bupati Azhar yang diikuti oleh seluruh sekolah dari sekolah dasar hingga SMA/sederajat.(rel/jais)

loading...