HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Atasi Krisis Energi Listrik

Pospera Siapkan Aksi ‘Ganyang’ PLN Aceh

8

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh — Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) wilayah Aceh berencana menggelar aksi unjuk rasa menuntut penyelesaian persoalan krisis energi listrik di bumi Serambi Mekkah. Aksi ini rencananya akan melibatkan ribuan masyarakat dari seluruh penjuru Aceh.

“Kami sedang menyusun rencana untuk aksi tersebut, yang akan dilakukan bersama di seluruh daerah Aceh,” kata Ketua Pospera Aceh, Tarmizi, ketika dihubungi via telepon, Kamis (6/4/2017).

Menurut Tarmizi, setidaknya ada dua hal yang menyebabkan pemadaman listrik selalu terjadi. Pertama, ketidakadilan pendistrubusian energi, lalu persoalan mesin pembangkit yang kurang baik. “Kami akan pelajari dulu, apakah permasalahan pada energi itu benar di mesin pembangkit atau masalah dalam pendistribusian,” ujarnya.

Bila masalanya ada pada pendistribusian, kata dia,pihaknya akan meminta pemerintah harus segera memutus proses pembagian listrik dari Sumatera Utara. Sumber energi dari Aceh harus diutamankan  untuk kepentingan masyarakat di sini, baru kemudian bisa didistribusikan keluar. Saat ini, kata Tarmizi, Aceh punya pembangkit listrik yang cukup baik seperti yang ada di Nagan Raya, maupun daerah lainnya.

“Seberapa besar pembangkit yang ada di sana untuk menyalurkan listrik di Aceh? Inikan sangat kuat dan mencukupi kebutuhan listrik buat masyarakat. Jadi kenapa malah  didistribusikan dulu keluar baru masuk ke Aceh? Kenapa harus begitu?” tutur Tarmizi.

Sedangkan jika masalahnya pada mesin pembangkit, ia menduga ada ketidakbecusan proses perawatannya. Ada oknum-oknum yang kerab megambil keuntungan dari setiap kali proses itu dilakukan.

“Ini ada indikasi koruptor di dalamnya, ada persolan yang tidak beres dalam proyek mesin itu. Kami akan mendesak pemerintah untuk bertanggung jawab, ketika listrik tidak terpenuhi, ini akan menjadi tanggung jawab pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masayarakat,” ujarnya.[]

 

Editor: Alfian

loading...