HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bandara Internasional Soetta Gelar `Ramp Safety Campaign`

6

HARIANACEH.co.id, Tangerang – Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggelar `Ramp Safety Campaign` dengan melakukan apel siaga di area gedung Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK). Kegiatan ini untuk memastikan keamanan operasional dari sisi udara agar tidak terjadi insiden yang tidak diinginkan atau zero accident.

“Saat ini secara simbolis sudah dilakukan stikerisasi peralatan milik ground handling. Hari ini sekaligus momen sosialisasi kepada petugas yang beroperasi di sisi udara agar senantiasa mengutamakan aspek keamanan. Operasi simpatik di sisi udara akan dilakukan sampai seminggu ke depan,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II M. Awaluddin di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 7 April 2017.

Direktur Teknik dan Operasi Djoko Murjatmodjo menambahkan, evaluasi ke depan tidak lagi dilakukan setiap tahun. “Tetapi setiap tiga bulan. Dari hasil evaluasi, diharapkan muncul pola mitigasi yang diterapkan dalam kegiatan operasional di sisi udara sehari-hari,” katanya.

Sebagai salah satu standar, lanjut Djoko, seluruh peralatan yang beroperasi memiliki batas usia pemakaian selama 10 tahun. Sejumlah perwakilan petugas yang beroperasi di sisi udara juga dipakaikan rompi dan topi, sekaligus dikukuhkannya lima personel safety inspectorate sebagai tanda bahwa seluruh personel yang bertugas memegang teguh komitmen untuk mengutamakan keaman dan memberi pelayanan yang prima kepada pengguna jasa dengan pengawasan yang berkala.

“Kita juga bertindak tegas bagi mereka yang melempar tas bagasi. Beberapa orang bahkan dari pihak airlines sudah dirumahkan,” tegasnya.

Sebelumnya, setidaknya ada dua peristiwa besar di sisi udara. Pertama, GPU (ground power unit) milik PT Gapura terbakar hingga nyaris membakar pesawat Garuda Indonesia pada 14 Maret 2017. Peristiwa itu terjadi di apron Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sekira pukul 23.30 WIB.

Peristiwa kedua, ground handling saling beradu kerbau di Terminal 1 bandara beberapa waktu lalu. (mtvn)

loading...