HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pospera Minta Pemerintah Pusat Lakukan Audit Menyeluruh

Pelayanan PLN Buruk di Aceh

7

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Persoalan seringnya terjadi pemadaman listrik di Provinsi Aceh menuai kecaman dari berbagai kalangan. Mereka bahkan mengendus ada sesuatu yang tidak beres di lingkungan Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Aceh.

Hal ini seperti yang dikatakan Ketua Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) wilayah Aceh, Tarmizi. Ia menduga ada permainan di lingkungan perusahaan penguasa enegrgi listrik itu. Ada oknum pekerja PT PLN yang bermain-main dengan energi listrik. Sehingga listrik di Aceh dari dulu selalu bermasalah walau telah memiliki alat pembangkit sendiri yang sangat baik.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan segera mendesak Pemerintah Pusat untuk melakukan audit secara menyeluruh  guna mengetahui persoalan sebenarnya.

“ Ada persoalan yang tidak beres dalam perusahaan tersebut. Ada mafia korupsi yang bermain di perusahaan listrik itu. Kami mengusulkan KPK turun dan memeriksa semua hasil kinerja PLN Aceh, agar semuanya jelas,” ujarnya saat dihubungi HARIANACEH.co.id, Kamis (06/04/2017).

Kata dia, kebijakan pengelolaan listrik untuk Aceh juga harus ada perubahan. Aceh tidak perlu harus menunggu suplai litrik dari Sumatera Utara, karena ketersedian energi di daerah ini mencukupi. Suplai energi listrik dari Aceh haruslah untuk daerahnya sendiri dan jangan lagi dibagi ke wilayah lain.

“Kita tidak perlu distirbusi listrik dari luar, karena kita sudah memiliki pasokan listrik dari daerah kita sendiri seperti di PLTU Nagan dan lainnya, buat apa harus didistribusikan dulu keluar Aceh baru disalurkan kemari,” ujarnya.

Menurutnya, negara harus bertanggung jawab atas kerugian yang dialami masyarakat karena seringnya terjadi pemadaman.“Hari ini listrik tidak tersedia, listrik sering mati, ketika listrik tidak terpenuhi yang harus bertanggung jawab adalah negara,” katanya.[]

 

Editor: Alfian

 

loading...