, ,

Sahbirin Noor Mengupayakan Pihak Swasta Untuk Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Infrastruktur Kawasan Pesisir Ulee Lheu Kota Banda Aceh. (ANTARA/Irwansyah Putra)
Infrastruktur Kawasan Pesisir Ulee Lheu Kota Banda Aceh. (ANTARA/Irwansyah Putra)

HARIANACEH.co.id, Banjarmasi — Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor terus berupaya mendorong swasta untuk berperan lebih besar lagi dalam mempercepat laju pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di provinsi yang kaya sumber daya alam ini.

Menurut Gubernur, kemajuan pembangunan tentu tidak lepas dari partisipasi segenap komponen masyarakat dan kerja keras pemerintah daerah dalam  menggerakkan seluruh potensi-potensi daerah termasuk peran swasta.

“Pembangunan daerah akan semakin maju jika ditopang tiga kekuatan besar yakni pemerintah daerah, swasta dan masyarakat yang didalam nya ada para ulama dan tokoh agama,” kata dia dikutip dari Antara, Senin 10 April 2017.

Menurut dia, sebuah daerah akan bisa meningkat kesejahteraan masyarakatnya apabila dikelola oleh pemerintahan daerah yang akuntabel, transparan dan jauh dari praktik -praktik korupsi. Kekuatan utama kedua adalah, majunya  sektor swasta (pengusaha) dalam menjalankan usaha. Faktor ini memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan daerah, seperti penyerapan tenaga kerja dan berkontribusi bagi peningkatan pendapatan daerah.

“Saya sering kali mengatakan, bahwa Kalimantan Selatan terbuka dengan  pengusaha (swasta) yang akan berusaha di daerah. Tapi saya juga mengingatkan, jika telah berhasil dalam mengelola usaha, tolong berbagi dengan masyarakat melalui program CSR atau program sosial lainnya sebagai wujud peduli dan syukur atas kemajuan usaha,” jelas dia.

Kemudian kekuatan ketiga, sebut gubernur adalah doanya para ulama. Tanpa doa ulama pembangunan yang dilaksanakan tentu akan mengalami hambatan-hambatan. Doa ulama memberikan keukuatan luar bisa bagi kemajuan pembangunan daerah.

Ketiga pilar pembangunan tersebut, tambah dia, akan menjadi kekuatan besar bagi kelanjutan pembangunan di Kalimantan Selatan. Tujuan utamanya tentu akan terwujud masyarakat yang lebih sejahtera dan diberkahi Allah SWT.

Mendukung meningkatnya partisiaspi swasta tersebut, sebelumnya, Gubernur juga memastikan bahwa wilayahnya merupakan daerah yang cukup aman untuk investasi dan pengembangan berbagai usaha perdagangan maupun industri.

Menurut Gubernur, sebagai salah satu daerah yang memiliki sumber daya alam melimpah didukung keramahan masyarakat yang toleran, Provinsi Kalimantan Selatan siap memberikan pelayanan terbaik kepada calon investor.

Selain itu, tambah dia, Pemprov dan masyarakat Kalimantan Selatan, juga membuka pintu seluas-luasnya bagi investor lokal maupun internasional yang ingin berinvestasi di Bumi Lambung Mangkurat ini.

“Kami membuka pintu seluas-luasnya bagi semua investor yang ingin menanamkan modalnya di Kalimantan Selatan dan siap memberikan pelayanan terbaik untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurut Gubernur, saat ini pemerintah sedang fokus mengembangkan berbagai infrastruktur seperti jalan, bandara, pelabuhan dan sarana transportasi lain, sebagai salah satu fasilitas penting untuk mendukung pengembangan dan kelancaran investasi dan berkembangnya industri daerah.

“Kami bersama pihak kepolisian dan TNI serta masyarakat berupaya terus menciptakan suasana yang kondusif, sebab suasana yang kondusif adalah modal utama pembangunan,” tegas dia.

loading...

Disbudpar Aceh: Festival Kuliner Lhokseumawe Bisa Dijadikan Even Tahunan

Terdakwa kasus korupsi KTP-el, Irman. (Media Indonesia)

Terdakwa Kasus Korupsi KTP-el Ini Sempat Marah Saat Ditanyai Lambatnya Proyek KTP-el