HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bantu Somalia, Pemuda Pidie Lakukan Aksi Kemanusiaan

Pemuda Pidie bentuk forum kemanusiaan for Somalia di Cafe Helinski, Sigli, Pidie, Selasa (11/4). (HAI/Ist)
26

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Para pemuda Pidie yang tergabung dalam Aksi Cepat Tanggap (ACT) bentuk forum aksi kemanusiaan lintas organisasi untuk aksi kemanusiaan for Somalia.

Acara yang dilaksanakan di Cafe Helsinki, Sigli juga dihadiri Ketua Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, Husaini yang didampingi Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sigli, Junaidi.

Ketua Panitia Aksi Kemanusiaan, Iskandar Ar Rahman mengatakan pihaknya telah membentuk forum aksi kemanusiaan lintas organisasi untuk aksi kemanusiaan for Somalia.

“Rapat perdana aksi kemanusiaan for somalia ini untuk mengajak seluruh komponen masyarakat di Pidie baik ormas, instansi pemerintah,” ujarnya kepada HARIANACEH.co.id, Selasa (11/04).

Oleh karen itu, lanjut Iskandar, kita berharap organisasi kepemudaan, LSM, komunitas, instansi swasta dan insan pers bersama-sama peduli aksi kemanusiaan ini.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Aksi Kemanusiaan, Junaidi mengatakan hal tersebut dilakukan pihaknya lantaran merasa terpanggil untuk membantu meringankan beban korban krisis kelaparan di Afrika.

“20 juta jiwa terancam mati kelaparan di Somalia, korban berjatuhan akibat krisis pangan terparah abad ini terutama bayi dan anak-anak. Oleh karena itu kita berinisiatif untuk membentuk forum ini,” ujar Junaidi.

Ketua ACT Aceh, Husaini mengapresiasi langkah pemuda Pidie atas kepedulian aksi kemanusiaan untuk saudara muslim Somalia. “Kami sangat bangga atas kepedulian pemuda Pidie dalam aksi kemanusiaan ke Somalia,” ujarnya.

ACT pusat, tambah Husaini, sudah menyediakan kapal kemanusiaan untuk mengantarkan bantuan masyarakat Indonesia ke Somalia. “Kapal sudah tersedia, bantuan yang kita terima berupa beras dan uang, Alhamdulillah saat ini sudah terkumpul 1000 ton beras dari surabaya, uang 8 M,” jelasnya.

Husaini juga mengatakan, pengumpulan secara nasional sudah di mulai sejak 19 Maret 2017 dan berakhir 25 Mei 2017. “Provinsi Aceh sudah berjalan di 15 kabupaten/kota dengan target bantuan 2500 ton dan uang 30 M,” pungkasnya.

Adapun posko-posko yang siap menerima bantuan ada di Sekretariat HMI Cabang Sigli, Blang Asan, Jalan Sentosa No. 3. Posko kedua seketariat Pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia (PD PII) Pidie, Cot Teungoh dam yang ketiga ada di Cafe Helinski, Sigli, Pidie.

 

Komentar
Sedang Loading...
Memuat