HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Terkait akan Ditutupnya Akkes, Komrad: Plt Sekda Aceh Utara Salah Minum Obat

Puluhan mahasiswa gelar aksi di Gedung DPR Aceh, Rabu (12/4/2017). Mereka mengadu ke anggota dewan agar kampusnya tidak ditutup oleh Pemkab Aceh Utara. Foto: Dokpri DPRA
27

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Komite Mahasiswa dan Rakyat Aceh untuk Demokrasi (Komrad) sangat menyayangkan keputusan pelaksana tugas (Plt) Sekda Aceh utara, Abdul Aziz menutup kampus Akademi Kesehatan (Akkes) Kabupaten Aceh Utara.

Sekjen Komrad Febri Miraj mengatakan, berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pengelolaan pendidikan tinggi merupakan wewenang pemerintah pusat, bukan daerah.

“Alasan keputusan yang di ambil oleh Pemkab Aceh Utara (Plt Sekda Aceh Utara) sangatlah tidaklah logis,” ujar Febri dalam siaran pers yang diterima HARIANACEH.co.id, Rabu (12/4/2017).

Kata Febri, alasan Pemkab Aceh Utara menutup kampus tersebut karena sudah cukup tenaga kesehatan, dan akan mengalihfungsikan kampus tersebut untuk membentuk badan diklat regional.

Padahal, menurut Febri, keberadaan kampus Akkes di Aceh Utara dapat menghasilkan aset masa depan lebih baik sehingga melahirkan visi pendidikan mencerdaskan Anak bangsa, bukan hanya bangunan fisik saja.

“Plt Sekda Aceh utara, Abdul Aziz sudah salah minum obat kalau beliau berfikir seperti itu,” tegasnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh ketua Komrad Putra Rizki Youlan Radhianto, menurutnya penutupan Akkes Aceh Utara menunjukkan kemunduran berfikir pemerintah daerah setempat. Sebenarnya, jika Pemkab Aceh Utara lebih bijak, Akkes Aceh utara dapat di merger menjadi bagian dari Universitas Malikul Saleh (Unimal).

“Harusnya Pemerintah Aceh Utara berfikir lbh bijak, karena ekses dari penutupan Akkes tersebut berdampak pada alumni dan mahasiswa yang menempuh pendidikan ditempat itu,” ungkapnya.

Seperti diketahui, puluhan mahasiswa Akkes Aceh Utara melakukan aksi di Gedung DPRA, Banda Aceh, Rabu (12/4/2017) pagi tadi. Mereka menolak akan ditutupnya kampus tersebut yang akan dialihkan ke UPTD Dinas Kesehatan itu. (**)

Editor: Eko Densa

Komentar
Sedang Loading...
Memuat