HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bank Indonesia Akan Perluas Bank Penyalur Bantuan Sosial

3

HARIANACEH.co.id — Bank Indonesia (BI) membuka peluang bagi bank lain di luar himpunan bank negara (Himbara) untuk bisa ikut menyalurkan bantuan sosial. Namun saat ini baru empat bank Himbara yaitu BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN yang bisa menjadi penyalur bantuan pemerintah melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, saat ini perlu dibangun sistem yang interkoneksi dan interoperasi antar semua bank. Hal ini akan segera diimplementasikan dalam National Payment Gateway (NPG) yang segera diluncurkan oleh bank sentral.

“Apa akan menjangkau bank lain, tentu. Tapi BI musti meyakinkan bahwa sistem ini sudah stabil dan kita tidak ingin ada bentuk risiko pengolaan, baik kesiapan bank di luar Himbara untuk bergabung ataupun kerentanan daripada sistem karena sekarang banyak risiko cyber crime,” ujarnya di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 13 April 2017.

Saat ini penggabungan switching untuk interkoneksi dan interoperasi baru disiapkan oleh empat bank Himbara. Dengan adanya sistem ini maka baik transaksi di mesin ATM, EDC antara bank akan lebih mudah dan murah sehingga lebih efisien.

“Tapi di saat bersamaan, kita di Indonesia sudah persiapan untuk sistem pembayaran melalui ATM misalnya, yang sebelumnya dilaksanakan oleh tiga atau empat perusahaan switching, itu sudah terjadi kesepakatan bahwa ini nanti akan terkoneksi dalam bentuk interoperated dan interconnected,” jelas dia.

Dirinya menambahkan, adanya satu sistem di perbankan akan mempermudah masyarakat karena tak perlu memiliki banyak kartu. Selain itu bukan hanya bank nasional, sistem yang dibangun BI juga akan diintegrasikan dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

“Jadi sistem yang dibangun kita juga mengikuti terus, bahwa terus dilakukan perbaikan-perbaikan. Saya menyaksikan yang kita lihat sistem yang berjalan itu lebih baik dari yang kita perkirakan, dan ini di sistem pembayaran Program Keluarga Harapan (PKH) itu sudah dibicarakan bukan hanya dengan bank tapi juga Bulog dan itu sudah berjalan dengan baik,” pungkasnya. (mtvn)

loading...