HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Resmi Atau Tidak ya Seluruh PlayStation 4 yang Beredar di Indonesia?

Tidak semua PlayStation 4 yang beredar di Indonesia adalah barang resmi. (MTVN)
38

HARIANACEH.co.id — Meskipun tidak unggul di pasar smartphone, harus diakui, Sony masih memiliki taring yang sangat kuat di ranah industri game via konsol PlayStation 4.

Jika melihat mayoritas pasar, konsol ini memang bisa mengalahkan popularitas Xbox One, tak terkecuali di Asia Tenggara. Berbicara mengenai Indonesia, Sony sendiri memang cukup serius memperhatikan penjualan konsol tersebut di Tanah Air.

Tidak seperti Microsoft atau Nintendo, mereka memiliki tim khusus yang berada di bawah payung Sony Indonesia dan memastikan ekosistim konsol ini mencukupi, termasuk distribusi resmi, layanan purna jual, dan game. Dengan begitu, seharusnya konsol PlayStation 4 yang dijual di Indonesia sudah resmi.

Kenyataannya, tidak semua PlayStation 4 yang dipasarkan kepada konsumen merupakan produk resmi dari Sony Indonesia.

Penelusuran terkait distribusi PlayStation 4 untuk pasar Indonesia dilakukan tim tekno MTVN. Sony sendiri menetapkan beberapa standar untuk PlayStation 4 yang dipasok untuk Indonesia, seperti nomor seri mesin dan sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika mengenai jaringan WiFi dan Bluetooth.

“Produk PlayStation resmi yang didistribusikan berasal dari Sony Interactive Entertainment Hong Kong Limited Singapore Branch,” kata pihak Sony PlayStation. “Dan kami senantiasa mematuhi kebijakan regulasi pemerintah Indonesia.”

Selain mendapatkan sertifikasi, konsol PlayStation 4 yang dipasok resmi juga mendapatkan layanan purna jual yang memadai. Seperti yang kita tahu, selain lapak resmi yang menjual perangkat elektronik rumah tangga, konsol tersebut juga bisa dibeli melalui toko ritel game.  Membeli darimanapun akan mendapatkan pelayanan yang sama, yaitu akses perbaikan konsol yang dapat dilakukan di gerai Sony atau ritel game tempat Anda membeli. Hanya saja, konsol PS4 yang Anda miliki harus dipastikan memiliki kartu garansi.

Saat ini, setidaknya ada empat toko ritel besar yang menjadi basis gamer Indonesia dalam membeli berbagai produk video game, baik itu konsol, game, maupun aksesori pendukung. Keempat ritel ini terletak di Jakarta, dan hasil penelusuran menunjukkan hanya satu pemain besar yang bisa menunjukkan bahwa konsol yang mereka jual adalah resmi dari Sony Indonesia.

“Kami pastikan konsol PlayStation 4 yang dijual merupakan produk resmi bergaransi Sony Indonesia. Selain itu, semuanya juga memiliki stiker hologram Sony Indonesia dan memiliki stiker importir resmi,” ungkap perwakilan salah satu ritel besar video game di Indonesia.

Sementara itu, dua toko ritel lainnya yang juga bermarkas di Jakarta, hanya bisa menekankan bahwa PS4 yang dipasarkan mendapatkan garansi dari mereka langsung. Tidak ada kartu garansi resmi, mereka hanya menyediakan struk pembelian sebagai bukti ketika ingin melakukan perbaikan konsol.

“Kalau rusak, harus diperbaiki disini. Tidak bisa di tempat lain,” kata penjual toko ritel game besar lainnya, ketika kami mencoba membeli satu unit konsol PS4.

Dari 3 unit konsol PS4 yang dibeli tim tekno MTVN dari 3 ritel yang berbeda, maka anehnya hanya satu yang dilengkapi kartu garansi resmi Sony. Seandainya terjadi kerusakan, konsol yang dilengkapi karu garansi ini bisa mendapatkan perbaikan di ritel game tersebut atau di gerai resmi Sony.

Belum selesai, masih ada ciri-ciri PS4 resmi untuk Indonesia, melalui bukti stiker importir dan hologram. Hal yang paling esensial adalah colokan listrik PS4 yang sesungguhnya telah mengikuti standar Indonesia. Ya, Indonesia tidak menggunakan konektor daya standar Inggris, yang membutuhkan tiga lubang kontak. PS4 resmi dilengkapi sudah menggunakan kabel daya dengan penghubung standar Indonesia, bukan standar Inggris.

Lalu, apa kerugian memiliki PS4 yang tidak resmi?

Pertama, tentu saja Anda tidak akan bisa mendapatkan layanan purnajual yang resmi. Hal tersebut akan sangat menyulitkan jika unit PS4 Anda rusak. Kedua, PS4 yang tidak resmi memiliki kemungkinan sulit digunakan bersama dengan perangkat jaringan telekomunikasi lain yang ada. Hal tersebut dikarenakan standar komunikasi antar perangkat di Indonesia diatur oleh Dirjen Postel Kominfo dan hanya PS4 resmi yang telah memenuhi standar tersebut.

Terakhir, PS4 resmi juga memiliki kemungkinan untuk rusak lebih cepat. Unit PS4 resmi telah disesuaikan dengan kondisi listrik yang ada di Indonesia. Bahkan Sony Indonesia juga menyertakan adapter untuk mengkompensasi tegangan tidak stabil yang sering terjadi. (mtvn)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat