HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

DPRA Tetapkan Irwandi-Nova Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh

8

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) tetapkan pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah sebagai gubernur Aceh periode 2017-2022. Pengumuman penetapan tersebut dibacakan oleh Wakil Ketua I DPRA, Drs Sulaiman Abda, M.Si dalam rapat paripurna istimewa DPRA dengan agenda pengumuman akhir masa jabatan gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2012-2017 dan pengumuman calon gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih periode 2017-2022 penetapan KIP Aceh di gedung utama DPRA, Senin 17 April 2017.

Pantauan HARIANACEH.co.id di gedung DPRA, rapat yang dimulai 14.00 Wib dan sempat diskor 15 menit dihadiri Wakil Ketua I DPRA Aceh, Sulaiman Abda, Wakil Ketua II DPRA, T Irwan Djohan, Wakil Ketua III DPRA, Darmili dan dari pemerintah Aceh di wakili oleh Sekda Aceh, Dermawan dan turut juga dihadiri Wakil Gubernur terpilih, Nova Iriansyah serta anggota DPRA lainnya. Sedangkan Ketua DPRA, Tgk Muharrudin dan Gubernur terpilih, Irwandi Yusuf masih berada di Jakarta.

Sulaiman Abda dalam rapat tersebut mengatakan, proses pilkada sudah berjalan baik dan KIP Aceh telah melaksanakan rapat pleno pada tanggal 7 April 2017 serta telah menetapkan keputusan KIP Aceh Nomor 15/KPTS/KIP Aceh/Tahun2017 tentang penetapan pasangan calon gubernur Aceh dan wakil gubernur Aceh terpilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Aceh tahun 2017. “Pertimbangan ini kami ambil setelah mempertimbangkan putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Nomor 31/PHP.Gub-XV/2017 Tanggal 4 April 2017 dan berita acara KIP Aceh Nomor 38/BA-KIP Aceh/IV/2017 Tanggal 7 April 2017,” ujar Sulaiman Abda.

Politisi Partai Golkar ini juga menambahkan, berdasarkan surat edaran Mendagri No.SE120/2033/Otda Tanggal 22 Maret 2017 tentang pengesahan pengangkatan dan pemberhentian gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota. Maka dengan ini DPRA mengumumkan bahwa pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih periode 2017-2022 adalah Drh. H. Irwandi Yusuf, M.Sc dan Ir. H. Nova Iriansyah, MT dengan perolehan suara sebanyak 898.710 suara.

“Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tersebut segera akan diusulkan ke Pak Presiden Jokowi melalui Mendagri untuk mendapat pengesahan pengangkatannya,” jelasnya.

Dengan telah diumumkannya pasangan calon terpilih, lanjutnya, maka kami atas nama pimpinan dan anggota DPRA mengucapkan selamat kepada pasangan calon terpilih. “Semoga amanah yang telah diberikan oleh rakyat Aceh dapat dijalankan dengan baik,” pungkasnya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time