HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Seberapa Seringkah Anda Harus Buang Air Besar dalam Sehari

5

HARIANACEH.co.id — Setiap orang pasti buang air besar. Namun, permasalahannya adalah sebenarnya seberapa sering Anda harus buang air besar? Karena, jika Anda sering buang air kecil, itu bisa jadi pertanda adanya masalah pada perut Anda.

Para ahli mengatakan bahwa beragam frekuensi buang air besar biasanya masih termasuk normal. Karena, beebrapa orang dewasa mungkin memiliki gerakan usus tiga kali sehari, sementara yang lain memiliki gerakan usus hanya tiga kali seminggu.

Seberapa sering Anda harus buang air besar dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti genetika, makanan, kurang sering ke kamar mandi, dan seberapa sering Anda berkeringat.

Kurang serat tentu dapat membuat Anda sembelit. Sedangkan olahraga yang teratur dapat membuat buang air besar lebih teratur karena dapat meningkatkan kontraksi otot di usus Anda.

Selain itu, stres karena memikirkan Anda buang air terlalu sering atau terlalu sedikit dapat membuatnya kebiasaan buang air memburuk. Ini karena otak dan usus berhubungan erat dengan jaringan saraf dan neurotransmiter.

Menurut Satish Rao, Kepala Pusat Pencernaan Augusta University, bila Anda cemas, tubuh mengarahkan darah ke organ vital seperti jantung dan paru-paru, serta jauh dari sistem pencernaan Anda dimana dapat meninggalkan usus dalam kondisi yang kacau. Kondisi tersebut berarti Anda dapat mengalami sembelit atau sebaliknya, diare.

Satu-satunya hal yang harus Anda khawatirkan tentang seberapa sering Anda buang air besar adalah jika kebiasaan Anda berubah. Misalnya, jika Anda buang air besar setiap hari dan tiba-tiba berubah menjadi tiga hari sekali, mungkin Anda harus bicara dengan dokter Anda.

Dalam banyak kasus, kondisi tersebut biasanya tidak serius yang bisa saja disebabkan adanya perubahan dalam makanan atau obat-obatan Anda, sering travelling, atau Anda kurang olahraga dari sebelumnya.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti makanan Anda dengan memperbanyak makanan berserat jika sembelit, dan mengurangi makanan tinggi serat jika Anda diare.

Masalah buang air besar lain yang harus diwaspadai adalah jika melihat darah dalam kotoran, kotoran lebih kecil atau berbentuk seperti pita, Anda merasakan kram atau sakit saat melakukan gerakan usus. Gejala ini bisa disebabkan sindrom iritasi usus, penyakit celiac, peradangan usus atau kanker usus.

 

loading...