HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Dirjen Perdagangan Luar Negeri ke Aceh, Ini yang Dilakukannya

16

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Luar Negeri, Oke Nurwan bersama Badan Usaha Logistik (BULOG) Aceh dan Desperindag Aceh mengunjungi Pasar Seutui, Banda Aceh, Selasa (18/04/2017).

Tujuan Oke Nurwan mengunjungi pasar adalah memantau harga bahan pokok makanan sebelum menjelang bulan ramadhan.

Kata Oke, ada tiga harga bahan pokok yang menjadi perhatian serius pemerintah untuk harga di Aceh, yaitu gula, minyak dan daging sapi.

“Ada tiga harga komoditi kebutuhan pokok yang belum menyentuh ke dalam harga pasar rakyat atau harga dari pemerintah, seperti gula, masih dipasarkan sebesar Rp 13 ribu per kilo, yang seharusnya gula dijual sebesar Rp 12 ribu dan harga tersebut belum terkendali sepenuhnya,” kata Oke saat memberikan keterangan mengenai harga kebutuhan pokok.

Ia mengatakan, harga-harga komoditi dipasar belum mengarah kepada harga kebijakan pemerintah, seperti minyak goreng Rp 12 ribu per kilo. Sedangkan daging sapi yang dijual saat ini masih Rp 140 ribu per kilo, meski pun masayarakat Aceh sendiri belum banyak mengkonsumsinya saat ini.

“Dengan harga yang selalu mahal, kita akan membuat kebijakan tentang harga komoditi dipasar tradisional, dan kebijakan itu akan dilakukan pada bulan ini untuk mengatur dan menstabilkan harga komoditi yang melonjak tinggi,” jelasnya.

Selanjutnya, rencana membuat kebijakan soal harga, Kementerian Perdagangan akan akan melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota guna melakukan langkah bersama dalam menekankan harga komoditi dipasar.

“Rencana saya besok akan bertemu dengan pemerintah daerah, baik itu kota atau kabupaten untuk melakukan rapat koordinasi, dan mengambil langkah bersama dalam membuat kebijakan harga komoditi dipasar tradisional,” tukasnya. []

 

Editor: Eko Densa

loading...