HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bangga Indonesia

Dalam Debutnya Sebagai Test Driver Toro Rosso, Sean Berhasil Melahap 78 Lap

6

HARIANACEH.co.id, Sakhir — Pembalap muda Indonesia, Muhammad Sean Gelael memulai debutnya sebagai test driver tim Formula 1, Toro Rosso di Sirkuit Sakhir, Bahrain. Pembalap berusia 20 tahun itu tampak menikmati peran barunya itu meski sempat mengalami masalah pada girboks jet daratnya.

Sean dipercaya menggeber mobil yang digunakan Daniil Kvyat pada GP Bahrain di ajang Formula 1, akhir pekan lalu. Pembalap Pertamina Arden yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia ini dipercaya tampil penuh pada sesi tes hari pertama, Selasa 18 April 2017.

Indonesia pun patut berbangga karena putra terbaiknya membawa harum nama bangsa di ajang balap mobil paling bergengsi di dunia, Formula 1.

Bersama Sean, Toro Rosso menitikberatkan untuk menguji pengembangan mesin dan aerodinamika setelah menjalani tiga seri balapan di ajang F1 musim ini.

Pada sesi latihan pagi, Sean mendapatkan kesempatan untuk beradaptasi dengan mobil STR12 yang punya kecepatan lebih tinggi dan lebih bertenaga menyusul adanya perubahan regulasi teknis di musim ini.

Aksi Sean di lintasan sempat berjalan kurang mulus lantaran girboks mobil yang dikemudikannya mengalami masalah pada lap ketiga. Ia pun harus kembali ke paddock untuk memperbaiki mobilnya, sebelum akhirnya kembali beraksi.

Secara keseluruhan, Sean mampu melahap 78 lap dengan catatan waktu terbaiknya, 1 menit 33.885 detik. Catatan ini menempatkannya di posisi delapan dari total 12 pembalap yang ikut ambil bagian pada sesi kali ini.

Pada tes pertama ini, fokus utama Sean bukan soal mencatatkan waktu terbaik, melainkan melakukan sejumlah percobaan dan uji ketahanan mesin.

“Jadi, mereka (Toro Rosso) pasti ingin menguji sesuatu. Itu target mereka untuk melihat apa yang lebih baik dan lain-lain. Target buat saya pribadi adalah, mencoba tampil konsisten dan memberikan feed back yang bagus buat tim. Itulah yang terpenting,” ujar Sean usai melakoni tes.

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton tampil sebagai yang tercepat pada sesi tes hari pertama ini dengan catatan waktu menit 31.358 detik. Selain Hamilton, beberapa pembalap top lain yang ikut ambil bagian antara lain; Daniel Ricciardo, Felipe Massa dan pimpinan klasemen sementara pembalap F1, Sebastian Vettel.

Pada sesi kali ini, Vettel hanya berada di posisi sembilan daftar pembalap tercepat. Namun, hal ini bisa dimaklumi lantaran pembalap Ferrari itu didapuk untuk menguji coba ban Pirelli yang tengah mengembangkan program untuk menyiapkan ban untuk F1 musim 2018.

Sean sendiri masih akan menjalani tugasnya sebagai test driver Toro Rosso di seri Hungaria (Juli) dan Abu Dhabi, November mendatang.

loading...