HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bernard Cazeneuve Tuduh Le Pen Eksploitasi Penembakan di Paris

1

HARIANACEH.co.id — Perdana Menteri Prancis Bernard Cazeneuve menuduh calon presiden sayap kanan Marine Le Pen menggunakan penembakan di Paris yang menewaskan seorang polisi untuk kepentingan politik.

Cazeneuve, seorang politikus Partai Sosialis, menuduh Le Pen “tanpa malu mengeksploitasi rasa takut dan emosi masyarakat demi kepentingan politik.”

“Kepala Front Nasional, dan juga dia (Le Pen) setelah berbagai tragedi terjadi, berusaha memanfaatkannya,” sambung dia, seperti dikutip AFP, Jumat 21 April 2017.

Le Pen disebut-sebut akan melaju ke putaran kedua bersama kandidat moderat Emmanuel Macron.

Marine Le Pen. (Foto: AFP)
Marine Le Pen. (Foto: AFP)

Wakil Presiden FN Florian Philippot merespons pernyataan Cazeneuve di Twitter, dengan mengatakan bahwa sang PM “harus mengundurkan diri sejak lama.”

Disebut sebagai capres yang paling mengedepankan sektor keamanan ketimbang kandidat lain, Le Pen menyerukan agar Prancis “segera” menguasai seluruh wilayah perbatasannya dari Uni Eropa dan mendeportasi semua warga asing yang ada dalam daftar pengawasan teror.

Menurut Cazeneuve, Le Pen “berpura-pura tidak tahu bahwa pemerintahan saat inilah yang menghidupkan kembali pengawasan perbatasan” setelah aksi teror pada November 2015 yang menewaskan 130 orang.

Ia menyebut sejak saat itu, 80 ribu orang telah ditolak masuk ke Prancis, dan 117 lainnya dideportasi atas tuduhan “aktivitas teroris.”

loading...