HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Teleskop Antariksa Hubble Peringati Ulang Tahun yang Ke-27

Teleskop Hubble (NASA)
19

HARIANACEH.co.id — Tepat pada hari ini, teleskop antariksa Hubble berulang tahun yang ke-27. Hubble merupakan salah satu teleskop antariksa yang mengorbit di luar angkasa.

Teleskop hasil kerja sama antara NASA dari Amerika Serikat dan ESA dari Eropa ini telah banyak berjasa dalam mengamati luar angkasa hingga saat ini.

Menurut blog resmi NASA, Hubble diluncurkan pada tahun 1990 dan dibawa oleh pesawat ulang alik Discovery. Pada saat itu, Hubble mampu membawa revolusi di bidang astronomi. Kemampuannya untuk mengamati berbagai objek yang berjarak sangat jauh di luar angkasa membuat para ilmuwan antariksa dan astronom lebih mudah dalam melakukan riset dan analisa terhadap berbagai peristiwa di luar angkasa.

Hingga sat ini Hubble mengorbit di ketinggian 547 kilometer di atas permukaan Bumi. Di posisi tersebut, pandangan Hubble tidak akan terganggu oleh distorsi yang disebabkan oleh lapisan atmosfer Bumi, sehingga teleskop tersebut bisa menangkap objek lebih baik daripada teleskop yang ditempatkan di permukaan Bumi.

Hubble juga dilengkapi dengan berbagai instrumen dan sensor untuk menangkap berbagai anomali di luang angkasa, mulai dari gelombang hingga radiasi kosmik.

Salah satu hasil pengamatan Hubble terhadap formasi galaksi Virgo (NASA)
Salah satu hasil pengamatan Hubble terhadap formasi galaksi Virgo (NASA)

Di usianya yang menjelang 3 dekade, Hubble telah membawa banyak kemajuan di bidang antariksa. Setidaknya ada 14 ribu jurnal ilmiah mengenai antariksa yang dipublikasikan berdasarkan hasil pengamatan dari Hubble. Topiknya pun beragam, mulai dari temuan planet dan galaksi baru, hingga laporan pengamatan terhadap aktivitas balck hole.

Hubble juga telah menghasilkan lebih dari 1 juta foto selama beroperasi. Foto tersebut membantu ilmuwan untuk mengamati antariksa dan hingga saat ini banyak fotonya yang digunakan sebagai acuan di berbagai buku ilmiah yang digunakan sebagai sarana pendidikan untuk memperkenalkan antariksa. Anda juga bisa melihat foto hasil pengamatan Hubble melalui situs resmi NASA.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat