Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

Perut Kembung Dapat Dipicu oleh Menu Sarapan Ini

HARIANACEH.co.id — Memulai hari dengan perut yang kembung pasti tidak menyenangkan. Perut kembung di pagi hari bisa terjadi jika Anda mengonsumsi menu sarapan yang salah.

Mungkin, Anda tak pernah berpikir bahwa menu sarapan harian yang sering Anda konsumsi dapat memicu perut kembung. Berikut adalah beragam jenis sarapan yang dapat membuat perut kembung meski tanpa ada unsur sayur kobis dan sejenisnya.

1. Makanan olahan dan berminyak

Jika sarapan Anda dipenuhi dengan banyak keju asin dan daging olahan seperti bacon, sosis atau ham, maka semua sodium yang ada dalam makanan tersebut dapat menyebabkan tubuh memiliki air berlebih dan membuat perut kembung. Jumlah lemak yang tinggi juga penyebab lain perut kembung. Karena, makanan berlemak dicerna pada tingkat yang lebih lambat.

2. Segelas besar smoothie

Cairan yang banyak juga dapat memenuhi ruang di perut Anda. Minum smoothie dengan sedotan dapat membuat Anda menelan lebih banyak udara sehingga dapat membuat perut kembung.

3. Semangkuk besar buah-buahan

Makan buah-buahan yang berlebihan terutama buah yang manis seperti plum, persik, ceri, apel dan pir dapat memicu perut kembung. Ini karena buah yang manis sarat dengan fruktosa, gula alami pada buah yang dapat mengganggu pencernaan. Bila itu terjadi, bakteri di usus menggerogoti gula dan membuat gas yang bisa membuat perut kembung.

4. Kue yang manis

Muffin, croissant, donat dan sejenisnya penuh dengan karbohidrat olahan yang disimpan tubuh Anda sebagai gula. Seperti garam, gula suka mengambil air untuk membuat perut terasa kembung.

5. Pancake atau wafel

Ini seringkali menjadi menu sarapan favorit keluarga terutama anak-anak. Jika wafel atau pancake tidak terbuat dari tepung gandum dan sedikit toping manis, ini akan memberi isyarat pada tubuh untuk menahan air berlebih yang membuat perut terasa kembung. Memberikan tambahan sirup gula juga akan memperburuk perut kembung.

6. Bubur dengan susu utuh

Jika susu memberikan tubuh Anda masalah, memasak gandum atau oat dengan susu jelas bukan menu terbaik untuk sarapan Anda. Kesulitan mencerna susu cenderung menyebabkan gas dan kembung terutama jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

7. Snack atau wafer biji kedelai

Seperti jenis kacang lainnya, kedelai mengandung oligosakarida, gula yang sulit dicerna dan dapat menyebabkan gas dan kembung. Selain itu, jika Anda mengonsumsi snack atau wafer di pagi hari yang mengandung sedikit pemanis atau tidak berkalori, ini juga akan menambah rasa sakit di perut.

Advertisement

Advertisement

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya