HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Polisi Irlandia Sita Enam Kg TNT di Dublin, Setara 30 Bom

8

HARIANACEH.co.id, Dublin – Enam kilogram bahan peledak TNT berhasil disita kepolisian Irlandia (Gardai) di Dublin, Jumat 2 Juni 2017. Material itu cukup besar untuk menghancurkan perumahan serta membunuh dan melukai puluhan orang.

Secara resmi, Gardai mengatakan bahwa bahan peledak tersebut ditemukan sebagai hasil penyelidikan terhadap aktivitas “pembangkang republik.”

Namun beberapa sumber mengatakan satu sosok terkait dengan penyitaan tersebut memiliki hubungan baik dengan kelompok separatis Provisional IRA dan Sinn Fein serta penjahat terorganisir di kota utara.

Analisis yang dilakukan menegaskan bahwa bahan peledak tersebut berupa TNT (trinitrotoluene) dan bukan Semtex yang semula diperkirakan.

Dilansir Irish Independent, Minggu 4 Juni 2017, ada dua pria berusia 21 dan 28 tahun, ditangkap berdasarkan undang-Undang pelanggaran terhadap negara. Masa penahanan mereka diperpanjang semalam. Pria ketiga (55) ditangkap dalam pencarian yang berlanjut pada Jumat malam dan masih dalam tahanan.

Hasil letusan TNT masih dianggap sebagai ukuran standar bom dan bahan peledak lainnya. TNT adalah salah satu bahan peledak yang paling umum digunakan untuk militer, industri, dan pertambangan.

Pada Juni tahun lalu, terminal bus Busaras di Dublin harus dievakuasi setelah pembangkang republik Thomas Brennan tertangkap menumpang sebuah kapal ke Derry dengan 1,6 kg TNT dan tiga detonator.

Di saat persidangan, seorang ahli menyimpulkan TNT 1.6 kg sudah cukup menciptakan “enam sampai delapan bom mobil.” Sementara jika enam kilogram, jumlah bom yang bisa dibuat mencapai 30.

Sampai sekarang, semua pembunuhan yang dilakukan kawanan geng Dublin melibatkan senjata api. Granat militer yang dipasok Provisional IRA digunakan dalam pergolakan sebelumnya di kota utara, namun tidak menimbulkan korban jiwa.

loading...