HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Dunia International Didesak Israel Akui Pencaplokan Dataran Tinggi Golan

6

HARIANACEH.co.id, Tel Aviv – Presiden Israel Reuven Rivlin mendesak dunia internasional untuk mengakui wilayah Dataran Tinggi Golan yang mereka caplok dari Suriah.

Menurut Rivlin pencaplokan wilayah itu sangat penting bagi keselamatan Negara Yahudi tersebut.

Israel merebut wilayah Dataran Tinggi Golan dari Suriah pada 1967, bersamaan dengan Tepi Barat, Yerusalem Timur dan wilayah perbatasan Gaza. Meskipun belum diakui oleh dunia, hukum Israel berlaku resmi pada 1981 membuatnya menjadi bagian negara Israel secara de facto.

“Dunia harus secara formal mengakui bahwa Golan adalah bagian integral dari Israel dan penting untuk eksistenti kami sebagai rakyat,” ujar Rivlin, seperti dikutip Al Araby, Sabtu 17 Juni 2017.

Di saat Suriah dihadapkan pada perang saudara, Presiden Israel itu menegaskan bahwa Dataran Golan menjadi semakin fundamental untuk keamanan Israel.

“Mengenai Golan, saat ini sudah tidak ada lagi perdebatan mengenai statusnya,” tutur Rivlin.

“Israel tidak akan pernah meninggalkan warga di Galilee terekspos dengan niat jahat dan senjata dari pemerintah yang membantai rakyatnya sendiri (Suriah),” pungkasnya.

Komentar Rivlin dilontarkan saat peringatan 50 tahun perang 1967, menjadi deklarasi dari pemerintah Israel mengenai Dataran Tinggi Golan. Sementara Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu pekan lalu berjanji akan menjaga kendali penuh atas Dataran Tinggi Golan.

loading...