HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jepang dan Amerika Serikat Lanjutkan Pencarian Tujuh Pelaut AS

10

HARIANACEH.co.id, Yokosuka – Kapal serta pesawat milik Amerika Serikat (AS) dan Jepang terus mencari awak kapal yang hilang dari kapal Angkatan Laut AS USS Fitzgerald yang ditabrak sebuah kapal kontainer besar.

Pencarian berlanjut demi menemukan tujuh pelaut AS yang hilang di laut lepas Jepang, setelah kedua kapal bertabrakan menjelang dini hari pada Sabtu 17 Juni 2017.

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu 18 Juni 2017, Angkatan Laut AS mengatakan pencarian terus dikerahkan. Dikatakan, masih belum pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan guna mendapatkan akses ke ruang di dalam lambung yang penyok untuk mencari awak kapal yang hilang secara metodis.

USS Fitzgerald yang rusak kembali ke pelabuhan asalnya di Pangkalan Angkatan Laut Yokosuka selatan Tokyo. Sedangkan kapal kargo berbendera Filipina merapat ke dermaga Oi Tokyo.

Setelah membantu menstabilkan USS Fitzgerald, kapal penolong USS Dewey bergabung dengan kapal serta pesawat AS dan Jepang dalam meneruskan pencarian. Setidaknya tiga pelaut Amerika lainnya terluka dalam kecelakaan itu.

Nama-nama pelaut yang hilang masih disimpan saat-saat menunggu pemberitahuan kepada keluarga mereka.

USS Fitzgerald. (Foto: AFP)
USS Fitzgerald. (Foto: AFP)

Armada ke-7 AS menyebutkan dalam sebuah pernyataan bahwa kecelakaan tersebut merusak dua ruang tidur, ruang mesin, dan ruang radio. Sebagian besar dari 200 pelaut di atas kapal tertidur saat kejadian.

“Ini adalah hari yang menyulitkan,” kata Wakil Laksamana Joseph P. Aucoin, komandan Armada ke-7, seperti dilansir SBS.com.au dari laporan AAP, Minggu 18 Juni 2017.

“Saya memuji keberanian dan keuletan kru Fitzgerald. Kini setelah kapal berada di Yokosuka, saya meminta Anda membantu keluarga mereka dengan menjaga privasi mereka saat kami terus mencari rekan kerja kami,” cetusnya kepada wartawan.

Kapten ASS Fitzgerald, Komandan Bryce Benson, diterbangkan ke Rumah Sakit Angkatan Laut AS di Yokosuka dan berada dalam kondisi stabil dengan cedera kepala. Dua awak kapal lainnya yang menderita luka dan memar sudah dievakuasi.

Belum diketahui pasti berapa banyak korban lain yang mungkin terluka dalam kejadian.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time