Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

KEK Arun harus Menjadi Solusi atas Persoalan Ekonomi di Aceh

HARIANACEH.co.id, Jakarta — Salah satu tokoh muda Pase Aceh yang saat ini berdomisili di Jakarta, Rian F. Syafruddin mengharapkan keberadaan KEK Arun yang akan berjalan harus menjadi pintu gerbang menggeliatnya roda ekonomi di wilayah aceh khususnya di wilayah Pase (Lhokseumawe & Aceh Utara).

Pemuda asal Panton Labu ini mengatakan salah satu aspek keberhasilan kawasan ekonomi khusus selama ini di wilayah lain disebabkan oleh keseriusan stakeholder, khususnya dalam mengemas kawasan khusus yang berdaya saing tinggi. “Kita ambil ambil contoh Iskandar Regional Development Authority (IRDA), Johor, Malaysia. semua lini mulai dari Infrastruktur bertaraf Global, Fasilitas, dan Utilitias di kemas secara komprehensif guna menarik minat Investor. Alhasil, Investor dengan sendiri nya melirik dan menanamkan modal nya.”

“Harusnya di Arun, Lhokseumawe bisa seperti itu.  kultur kita hampir sama dengan malaysia kebiasaan masyarakatnya juga sama bahkan disana juga menerapkan syariat islam sebagai pedoman hukumnya, toh ternyata ekonomi disana bergerak. Ini harus jadi motivasi buat kita.”

Terlebih Pemerintah pusat dalam rapat kerja terbatas dengan Gubernur Aceh menunjukkan keseriusan dalam mendukung peningkatan Perekonomian Aceh. Salah satu nya dengan memprioritaskan pembangunan infrastruktur KEK Arun.

Ini merupakan signal positive bagi pemimpin aceh sekarang untuk lebih serius memprioritaskan hal ini. “Saya kira dengan komunikasi dan ‘Good will’ dari Pemerintah pusat dan Aceh, hambatan dan tantangan dalam mempercepat realisasi KEK akan teratasi”.

Namun Rian mengharapkan dengan berjalannya KEK nanti, jangan sampai kita ini terpaku pada pelaksanaan nilai Komersil semata.  Kepentingan publik tetap harus dikedepankan.

Hal ini penting agar publik dilibatkan sehingga nantinya semua merasa memiliki dan menjga keberlangsungan KEK ini. “Keterlibatan Publik (Public Involvement) dalam pembangunan Kawasan Ekonomi merupakan salah satu faktor penting. Tanpa keterlibatan publik keberlangsungan KEK yang efektif adalah sebuah Keniscayaan”

Harapanya adalah KEK Arun bisa menjadi salah satu jawaban atas permasalahan di Aceh selama ini terutama pengangguran dan kemiskinan.(***)

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya