HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Buku ‘Kapten Tengku Agam’ Gubernur Aceh Kini Telah Terbit

23

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh — Para penulis buku lokal dan nasional menerbitkan satu buku tentang sosok Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sebagai seorang pria heroik dengan sebutan “Kapten Tengku Agam” karena sangat unik di mata masyarakat Aceh.

Salah satu penulis lokal Aceh, H T Ahmad Dadek di Meulaboh, Kamis mengatakan, sebanyak 1.000 buku yang dicetak edisi pertama telah diedarkan dan dibagikan percuma kepada masyarakat Aceh, sebagian di pasarkan di beberapa tempat toko penjualan buku.

“Buku ini telah diluncurkan pada hari pelantikan gubernur dan wakil gubernur Aceh priode 2017-2022 di Banda Aceh sebagai kado istimewa. Beliau sangat senang bahkan sudah sampai ke Presiden Joko Widodo saat bertemu di Jakarta baru-baru ini,” sebutnya.

Para penulis buku tersebut yakni H T Ahmad Dadek, Murizal Hamzah dan Miswar Fuadi, pada edisi cetak pertama buku tersebut diterbitkan oleh Acehprinters Meulaboh dan telah diedarkan 1.000 buku sejak hari pelantikan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Ide kreatif dituliskannya buku setebal 163 halaman tersebut, karena melihat keunikan gubernur Aceh Irwandi Yusuf yang heroik, sering tampil sebagai seorang pilot pesawat mini pribadinya untuk aktivitas tertentu dan sejarah panjang perjuangannya di Aceh.

Buku tersebut diantaranya mengulas kepribadian Irwandi Yusuf, mulai dari bagian pertama halaman 1 (satu) “Captain Agam is Back” hingga bagian terakhir ke tujuh yakni “Merawat Sembinoe, Membesarkan Partai” pada halaman 143.

“Pak Irwandi hanya konfirmasi, selanjutnya dari data-data kami himpun langsung membuat buku ini. Karena waktu singkat, bila melakukan wawancara mungkin durasinya panjang, begitu selesai respon pak gubernur sangat positif,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan, mereka juga akan menyelesaikan lagi beberapa penambahan kegiatan di awal Pemerintahan Aceh, mulai dari hari pelantikan, penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menenggah (RPJM) Aceh.

Kemudian juga pembahasan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Aceh, serta pelantikan bupati/wakil bupati dan wali kota/ wakil wali kota di Aceh, serta ada beberapa penyempurnaan.

Kata dia, buku tentang sosok Irwandi Yusuf tersebut sebelumnya ada yang telah mulai menggarapnya, namun tidak tuntas, melihat momen yang tepat Ahmad Dadek bersama penulis lain berinisiatif membuat buku terbaru sebagai kado istimewa hari pelantikan.

“Selain penambahan item kegiatan, nanti juga akan ada penyempurnaan-penyempurnaan pada edisi kedua. Buku ini kami tulis dengan data-data kami kumpulkan sejak 2009, Alhamdulillah bisa selesai sebelum hari pelantikan,” katanya menambahkan. (Antara)

loading...