HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ingin Daratkan Manusia di Mars, Tapi NASA Tidak Punya Dana Cukup

NASA butuh kerjasama dengan pihak lain untuk bangun koloni di Mars
52

HARIANACEH.co.id — NASA membuat pengumuman yang cukup mengejutkan. Agensi antariksa Amerika Serkat tersebut mengatakan mereka tidak bisa mengirimkan manusia ke Mars karena masalah pendanaan. Hal tersebut diumumkan langsung oleh Chief of Human Spaceflight NASA, William H. Gerstenmaier.

“Kami tidak bisa menetapkan kapan NASA akan mengirim manusia ke Mars karena dana yang kami terima kurang. Saat ini dana kami memang mengalami peningkatan sebesar 2 persen, namun jumlah tersebut masih kurang untuk menyokong misi pendaratan manusia di Mars,” ujar Gerstenmaier saat menghadiri acara pertemuan ilmuwan propulsi roket di American Institute for Aeronautics and Astronautics.

“Selain itu, tantangan pendaratan di Mars sangat besar. Kami butuh banyak persiapan matang.”

Menurut Futurism, NASA sendiri sudah menghabiskan banyak dana untuk mengembangkan roket SLS dan Orion-nya. Pengembangan dua roket baru tersebut juga membuat NASA tidak bisa meluncurkan misi penjelajahan robotik baru di Mars.

Ke depannya, NASA akan fokus pada pendanaan dan misi penjelajahan Bulan bisa jadi solusi karena lokasi tersebut bisa dijadikan sarana transit untuk perjalanan ke Mars.

Untungnya, NASA bukanlah satu-satunya pihak yang ingin membuat sejarah dan mendaratkan manusia di Mars. Perusahaan swasta seperti SpaceX, Blue Origins, dan Boeing sudah mengumumkan bahwa mereka juga akan ikut untuk mendaratkan manusia di Mars. Bahkan SpaceX sudah memiliki rencana khusus dan akan mendaratkan manusia di Mars pada tahun 2025 mendatang.

Membuat koloni di Mars memang tidak mudah untuk dicapai, namun dengan bekerjasama semuanya mungkin akan terjadi. Tidak hanya NASA dengan perusahaan swasta, kerja sama juga harus dilakukan antar lembaga antariksa lainnya, mulai dari ESA, JAXA, Roscosmos, CNSA, dan agensi antariksa negara lain. Explorasi luar angkasa juga bisa dijadikan tonggak kerjasama internasional dan mempererat perdamaian dunia.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat