HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tahun Depan, Facebook Akan Buat Headset VR Nirkabel

12

HARIANACEH.co.id — Tahun depan, Facebook berencana meluncurkan perangkat VR tanpa kabel yang lebih murah dengan tujuan untuk mempopulerkan VR, sama seperti yang Apple lakukan dengan smartphone.

Saat ini, headset VR terbagi dalam 2 kelompok. Pertama adalah headset dengan harga relatif murah yang memanfaatkan smartphone untuk membawa penggunanya ke dunia virtual, seperti Gear VR dari Samsung yang dihargai USD130. Kedua adalah headset highend seperti Oculus Rift milik Facebook yang perlu dihubungkan ke PC dengan harga lebih dari USD1,000.

Headset VR baru dari Facebook disebutkan akan ada di tengah kedua kelompok itu. Perangkat itu akan dijual dengan harga USD200 dan tidak perlu dihubungkan ke PC atau ponsel, menurut orang-orang yang familiar dengan pengembangan proyek ini. Perangkat tersebut akan diluncurkan tahun depan dan akan menjadi kategori yang sama sekali baru.

Sama seperti produk Oculus saat ini, headset itu akan ditujukan untuk bermain game, menonton video dan melakukan media sosial. Diberi nama kode Pacific, perangkat ini memiliki desain serupa Rift tapi lebih kecil dan lebih ringan dari headset Gear VR buatan Samsung. Saat ini, baik desain dan fitur dari perangkat VR ini masih belum disempurnakan dan masih bisa akan berubah.

Narasumber Bloomberg menjelaskan, Facebook ingin membuat alat yang bisa seseorang masukkan ke dalam tas dan mereka gunakan untuk menonton film ketika terbang dengan pesawat, sama seperti yang Anda lakukan dengan ponsel atau tablet saat ini.

Dalam konferensi developer Oculus tahun lalu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa ada kategori yang belum tersentuh di antara Gear VR dan Rift. “Hal ini adalah sesuatu yang kami percaya akan ada nantinya,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan resmi via email, juru bicara Oculus, Alan Cooper berkata, “Kami belum memiliki produk untuk diluncurkan saat ini. Namun, kami bisa mengonfirmasi bahwa kami sedang melakukan investasi teknologi yang signifikan terkait kategori VR mandiri.”

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time