HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bank Mandiri Kembangkan BUM Desa Di Karawang

Bumdes
28

HARIANACEH.co.id, KARAWANG — Bank Mandiri mendukung pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di wilayah Karawang, Jawa Barat. Langkah ini merupakan upaya Bank Mandiri dalam meningkatkan peran sebagai agen pembangunan untuk pemerataan ekonomi ke seluruh pelosok Indonesia.

Terkait hal itu, dilakukan penandatanganan kesepakatan kemitraan pengembangan BUM Desa oleh Area Head Bank Mandiri Karawang Retno Widyayanti dan dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, serta disaksikan oleh Staf Ahli Menteri Desa PDTT bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Ansar Husen dan Regional CEO Bank Mandiri Jawa Barat Iman Gunawan di Karawang, Jawa Barat, Kamis (20/7).

Regional CEO Bank Mandiri Jawa Barat Iman Gunawan menjelaskan, Bank Mandiri menargetkan dapat menjalin kemitraan dengan sekitar 200 BUM Desa di Wilayah Jawa Barat pada akhir 2017, dari 56 BUM Desa yang telah menjadi mitra saat ini.

Dalam kesepakatan ini, Pemerintah Kabupaten Karawang dan Bank Mandiri akan mengembangkan BUM Desa dalam bentuk penguatan kualitas sumber daya manusia yang akan mengelola BUM Desa, serta memberdayakan BUM Desa dengan menjadikannya sebagai agen Layanan Keuangan Digital (LKD) maupun Laku Pandai. Pemkab Karawang pun akan bersama-sama Bank Mandiri memonitor dan mengevaluasi perkembangan BUM Desa secara periodik.

Menurut Iman, sebagai salah satu bagian dari struktur perekonomian nasional, ekonomi pedesaan memiliki potensi yang dapat dieksplorasi dan dioptimalkan dengan baik. Potensi tersebut antara lain usaha pertanian, perikanan dan perkebunan, usaha terkait energi terbarukan, desa wisata, serta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Bercermin pada potensi ekonomi desa tersebut, kami ingin mendorong sebuah paradigma baru dalam pembangunan desa, yakni desa tidak lagi diposisikan hanya sebagai objek, namun sebagai subjek pembangunan. Melalui pendekatan ini, diharapkan keinginan melihat desa yang mandiri dapat terwujud,” kata Iman.

Dalam rangka optimalisasi BUM Desa di Jawa Barat, Bank Mandiri juga telah memberikan bantuan kepada tiga BUM Desa di Purwakarta dan dua BUM Desa di Karawang untuk mendukung pengembangan usaha masyarakat yang dikelola. Di Purwakarta, Bank Mandiri menyerahkan bantuan alat transportasi kepada BUM Desa Sauyunan; lalu, bantuan mesin dan bangunan pengolahan sampah kepada BUM Desa Bina Jasa; serta bantuan saung bunga hias dan alat transportasi kepada BUM Desa Karya Gumilang.

Sedangkan di Karawang, perseroan menyerahkan bantuan kandang domba kepada BUM Desa Makmur Jaya; serta bantuan kandang burung puyuh petelur dan pembangunan budi daya jamur merang kepada BUM Desa Bina Usaha Mandiri. Di samping itu, kelima BUM Desa tersebut juga mendapatkan bantuan seperangkat komputer untuk memudahkan kegiatan administrasi keuangan dan operasional lainnya.

Untuk meningkatkan kapasitas, Bank Mandiri telah melatih SDM BUM Desa yang tersebar di wilayah Karawang dan Purwakarta pada 18-24 Mei 2017, dengan melibatkan sekitar 420 peserta. Bank Mandiri juga menyerahkan KUR Mikro kepada masyarakat binaan BUM Desa dengan total nilai penyaluran Rp 45 Juta untuk 3 nasabah.

“Melalui dukungan ini, kami berharap BUM Desa akan berkembang dan meningkatkan taraf hidup masyarakat desa, menurunkan angka pengangguran desa dan tingkat urbanisasi, serta meningkatkan pendapat asli desa sehingga tidak lagi bergantung pada APBN,” ujar Iman.

Sebagai bank BUMN yang memiliki semangat memakmurkan negeri, Iman melanjutkan, Bank Mandiri telah memiliki pengalaman dalam mengembangkan ekonomi masyarakat pedesaan di sejumlah lokasi di Indonesia melalui program Mandiri Bersama Mandiri (MBM)

Beberapa aktivitas program MBM yang masih berlangsung saat ini antara kerjasama dengan Sentra Pemuda Taruna Purba Mandiri untuk pengembangan kawasan ekowisata Gunung Api Purbadi Gunung Kidul, Yogyakarta serta kerjasama dengan pengrajin lokal dalam pemberdayaan kerajinan dan dalang wayang di Desa Kepuhsari, Wonosari, Jawa Tengah.

“Selain itu, Bank Mandiri juga berkomitmen untuk mendukung program-program strategis pemerintah lainnya yang dicanangkan oleh pemerintah, seperti redistribusi aset/lahan, kartu tani, bansos, dan rumah kreatif. Hal ini tentunya bertujuan bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Indonesia,” tutur Iman. (Republika)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat