HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Panglima Militer Prancis Mundur, Anggaran Dipangkas Emmanuel Macron

10

HARIANACEH.co.id, Paris — Setelah berdebat soal pemangkasan dana anggaran pertahanan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, panglima angkatan bersenjata Prancis memilih mengundurkan diri.

Sang panglima yang bernama Pierre de Villiers, menegaskan dirinya sudah melobi Macron agar mempertahankan anggaran pertahanan. Pasalnya, jika anggaran dibatasi, para pasukan pun akan terbatas geraknya.

“Anggaran dibatasi, saya merasa tidak lagi bisa menjamin kekuatan pertahanan Prancis. Warga Prancis sangat membutuhkannya,” kata Villiers, seperti dikutip Reuters, Kamis 20 Juli 2017.

“Presiden sudah menerima pengunduran diri saya,” lanjut dia.

Di depan anggota parlemen, Villiers sempat mengeluarkan protes keras atas pemangkasan anggaran pertahanan oleh Macron tersebut.

Macron beralasan, pemangkasan anggaran pertahanan sebesar 850juta Euro ini terpaksa dilakukan untuk mengembalikan pemasukan negara.

Keadaan panas terjadi antara Villiers dan Macron pekan lalu. Saat itu, militer Prancis sedang mempersiapkan perayaan Hari Bastille yang juga dihadiri Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Macron pun baru menjabat selama dua bulan sebagai presiden Prancis, menggantikan Francois Hollande.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time