HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Di Aceh Barat Ada 50 Hektare Lahan Gambut Yang Terbakar

7

HARIANACEH.co.id, Meulaboh — Sekitar 50 hektare lahan gambut di sejumlah kawasan Aceh Barat, Provinsi Aceh, terbakar menyebabkan kabut asap di wilayah Meulaboh, ibu kota kabupaten setempat.

Komandan Koramil Johan Pahlawan, Kapten Inf Sudarsono, di Meulaboh, Jumat, mengatakan kebakaran lahan gambut diduga akibat ulah masyarakat yang membuka lahan dengan cara tidak ramah lingkungan atau membakar lahan.

“Ada empat titik lokasi terjadi pembakaran lahan yang kami temukan dengan luas sekitar 50 hektare. Sedang didata dan mencari siapa pemilik lahan yang terbakar,” katanya di sela memadamkan api di kawasan lahan gambut Dusun Ujong Beurasok, Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Sejumlah prajurit TNI dari Koramil Johan Pahlawan, Kodim 0105/Aceh Barat, serta pihak Kepolisian Aceh Barat juga diturunkan membantu memadamkan api di lahan gambut dengan cara manual sehingga api yang membakar lewat bawah gambut tetap masih menjalar.

Kebakaran lahan gambut tersebut merupakan kasus kedua dalam Juli 2017 yang mereka temukan di wilayah hukum setempat. Pada kebakaran lahan gambut awal Juli 2017, api padam secara alami setelah diguyur hujan beberapa waktu saat malam hari.

“Yang kita antisipasi dan padamkan dengan peralatan seadanya agar tidak sampai ke jalan dan pemukiman, api sulit dipadamkan karena sumber air di sini juga tidak ada. Ditambah lagi kondisi cuaca daerah kita cukup terik karena kemarau,” katanya.

Kepala Dusun Ujong Barasok, Desa Lapang, Zainuddin, menambahkan kebakaran lahan gambut di wilayah desa setempat sejak Rabu (19/7) siang. Api terus meluas dan ditemukan pada beberapa titik lokasi.

“Lokasi terbakar lahan gambut sangat sulit dijangkau dengan armada pemadam kebakaran, selain lokasi jauh dari jalan, juga tidak tersedia sumber air yang dekat. Bisa jadi terus meluas bila tidak hujan,” katanya.

Ia mengaku sedang mencari pemilik lahan yang terbakar untuk dipertanyakan penyebab pasti kejadian, apakah memang sengaja dibakar untuk kegiatan membuka kebun atau ada pihak lain yang sengaja datang membakar lahan gambut di kawasan itu. (Antara)

loading...