HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Survei: Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polri Masih Tinggi

10

HARIANACEH.co.id — Kepolisian Republik Indonesia (Polri) masih dipercaya. Persepsi negatif masyarakat terhadap Polri perlahan luntur. Berdasarkan hasil survei dari Litbang Kompas, meningkatnya kepercayaan publik didasari pada kinerja Polri yang dinilai semakin membaik.

Nyaris separuh responden survei menyatakan bahwa Kinerja polri secara umum semakin baik dibanding tahun lalu, dengan rincian 46% semakin baik, 32,7% tetap baik, 10,5% tetap buruk, dan 10,3 % makin buruk. Sementara sisanya yakni 0,4% menjawab tidak tahu.

Selain kinerja umum Polri, survei yang dilaksanakan dalam rentang waktu 14-16 Juni 2017 tersebut juga juga meminta penilaian masyarakat terhadap proses kerja Polri.

Ada tiga variabel survei yakni dengan pertanyaan tertutup tentang independensi dan profesionalitas Polri termasuk di dalamnya persoalan penyuapan dan birokrasi penyelesaian laporan.

Sebanyak 63,9 % responden menilai Polri sudah profesional dalam menjalankan tugasnya. Sementara untuk tingkat independensi sebanyak 47,3% masyarakat yang menilainya demikian, 48,9% responden menjawab Polri belum independen, sementara 3,8% lainnya tidak tahu dan tidak menjawab.

Untuk diketahui, survei Litbang Kompas menggunakan metode jajak pendapat melalui telepon yang melibatkan 474 responden berusia minimal 17 tahun berbasis rumah tangga dipilih secara acak bertingkat di 14 kota besar di Indonesia yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Palembang, Pontianak, Samarinda, Manado, Makassar, Ambon dan Denpasar.

Jumlah responden ditentukan secara proporsional di tiap kota. Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen nirpencuplikan penelitian +- 4,5 persen. Meskipun demikian, kesalahan di luar pencuplikan dimungkinkan terjadi. (Tribratanews.com)

loading...