HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Warga dan Turis Melarikan Diri Pasca Dua Gempa Susulan Guncang Yunani

0 9

HARIANACEH.co.id, Athena — Dua gempa susulan melanda Pulau Kos, sehari setelah guncangan berkekuatan 6,7 skala richter (SR) di Yunani dan Turki.

Gempa berkekuatan 4,4 SR terjadi pada Sabtu malam 22 Juli, diikuti guncangan 4,6 SR sekitar 16 menit kemudian.

Warga dan turis berkumpul di tengah alun-alun kota setelah menjauhkan diri dari sederet bangunan yang mungkin roboh terkena imbas gempa.

Guncangan terbaru termasuk dalam getaran susulan terkuat sejak gempa pertama kali melanda Yunani pada Jumat 21 Juli, yang menewaskan dua orang di Pulau Kos dan melukai hampir 500 orang lainnya di wilayah Laut Aegea.

Penduduk dan turis yang didera rasa khawatir memilih tidur di luar rumah. Mereka terlalu takut untuk berdiam di rumah atau hotel.

Puluhan gempa susulan sudah dirasakan di pulau itu. John Grant, seorang turis berusia 60 tahun asal Inggris, mengatakan bahwa dia merasa lebih aman tidur di luar.

“Jika Anda berasal dari wilayah yang tidak dilanda gempa bumi, Anda tidak akan mengerti,” katanya dari tempat tidur daruratnya. “Jadi bagi saya, sangat menakutkan berada di dalam gedung, tapi berada di luar, saya tahu saya aman,” cetusnya, seperti dilansir Sky News, Sabtu 22 Juli 2017.

Gempa di Turki

Sementara itu sekitar 350 orang terluka akibat gempa di Turki, tepatnya di area Bodrum dan resor pantai lainnya. Banyak turis melarikan diri dari bangunan yang dikhawatirkan terdampak gempa.

Pakar seismolog berkata, kedalaman dangkal dari gempa bawah laut pada Jumat menjadi penyebab kerusakan di Yunani dan Turki.

Di Kos, gempa merusak pelabuhan utama pulau, yang memaksa kapal feri untuk beralih ke pelabuhan kecil Kefalos di pantai barat daya pulau.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengukur gempa berkekuatan 6,7 SR, dengan selisih tipis antara Yunani dan Turki.

Dua pria, seorang warga Turki dan Swedia, tewas saat sebuah tembok roboh menimpa bar di Kota Tua Kos.

Korban dengan luka terparah di Yunani diterbangkan ke rumah sakit di daratan dan pulau selatan Kreta. Setidaknya dua orang masih dalam kondisi kritis akibat gempa di Yunani.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time