HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Fenomena: Kolam Mata Ie Kering Disusul Gle Taron Terbakar

Petugas pemadam menyemprotkan air ke hutan Gle Taron untuk melokalisir kebakaran tidak meluas, Senin (24/7/2017) siang. (Serambi)
0 28

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Belum lagi hilang heran karena keringnya air kolam Mata ie, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar –yang konon tak pernah terjadi sepanjang ingatan orang-orang tua di wilayah itu– tiba-tiba Gle Taron yang bersisian dengan kolam alami itu terbakar.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil melaporkan, kebakaran hutan di pegununan Gle Taron terjadi mulai pukul 10.20 WIB, Senin (24/7/2017).

Menurut Ridwan, hingga saat ini armada pemadam kebakaran dari Aceh Besar diback-up oleh Banda Aceh masih di lokasi melakukan pemadaman dan melokalisir api agar tidak terus meluas.

Menurut Ridwan, hingga saat ini sudah lebih dua hektar hutan Gle Taron terbakar.

Pihak kepolisian dan TNI bekerja ekstra untuk mengantisipasi kebakaran supaya tidak meluas karena di puncak Gle Taron ada fasilitas repeater (penguat sistem komunikasi) milik TNI, Polri, dan beberapa organisasi lain termasuk RAPI.

Gle Taron berada pada jalur jalan alternatif dari Mataie tembus Keude  Bieng, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Api yang membakar hutan Gle Taron diduga berasal dari puntung rokok. Kawasan tersebut termasuk salah satu titik rawan kebakaran. (Serambi)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat