Di Aceh Barat Ada 800 Warganya Alami Gangguan Jiwa

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh mencatat ada 800 orang penderita gangguan jiwa dari hampir 200 ribu jiwa penduduk 1 min


57
12 shares, 57 poin
Di Aceh Barat Ada 800 Warganya Alami Gangguan Jiwa
Penderita Gangguan Jiwa (ANTARA Kalsel/Herry Murdy Hernawan)

HARIANACEH.co.id, Meulaboh — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh mencatat ada 800 orang penderita gangguan jiwa dari hampir 200 ribu jiwa penduduk daerah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat dr Zafril Luthfi di Meulaboh, Selasa, mengatakan 500 orang di antaranya sudah tertangani dengan baik, sementara 200 orang lebih sudah mandiri dan sisanya masih dalam perawatan dan pengawasan.

“Kasus gangguan jiwa Aceh Barat 800 orang lebih, yang sudah tertangani 500 orang, sisanya sudah mandiri dan sudah bisa dilepaskan, dia sudah bisa ke Puskemas, tapi tetap dalam pantauan kita,” katanya.

Advertisements

Zafril Luthfi pesimis Kabupaten Aceh Barat akan terbebas pasung, karena hingga saat ini masih tinggi angka kasus gangguan jiwa, apalagi masih ada satu kasus pasung penderita gangguan jiwa yakni di Kecamatan Meurebo, Aceh Barat.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit jiwa Banda Aceh Amren Rahim menambahkan akan menjemput pasien jiwa yang dipasung keluarganya itu untuk dibawa ke rumah sakit Banda Aceh sehingga mendapat perawatan lebih optimal.

“Sebelum kita lakukan penjemputan pasien, terlebih dahulu kita melakukan koordinasi terhadap pihak kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa, kemudian baru kita jemput. Kerja sama dan kepedulian semua pihak itu sangat penting,” sebutnya.

Advertisements

Ia menyebutkan sejauh ini jumlah penderita gangguan jiwa di Provinsi Aceh berkisar 12 ribu jiwa lebih dengan melihat dari prevalensi lima juta lebih penduduk Aceh dengan berbagai tingkatan gangguan kejiwaan.

Ada sekitar 2,7 permil atau per 1.000 penduduk yang menjadi kriteria pendataan, mayoritas yang ditemukan berasal dari keluarga susah dari sisi ekonomi dan berbagai permasalahan keluarga.

“Paling banyak pasien jiwa yang kita jemput berasal dari Kabupaten Aceh Utara, meskipun kepedulian terkait penanganan pemerintah daerahnya sudah luar biasa, tapi selama manusia masih hidup, kasus gangguan jiwa pasti ada,” katanya menambahkan. (Antara)

Advertisements
Advertisements

Bagikan ke teman anda!

57
12 shares, 57 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
0
Suka
Takjub Takjub
0
Takjub
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns