HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penguatan Karakter Anak di Aceh Didukung Lembaga Dunia Unicef

Kak Seto menghibur anak-anak korban gempa di pokso pengungsian Masjid Besar At-Taqarrub, Kecamatan Trieng Gading, Pidie Jaya, Jumat (9/12/2016). (SERAMBI/M ANSHAR)
0 25

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh — Dana Anak PBB (UNICEF) mendukung terbentuknya sejumlah desa di Kabupaten Aceh Besar terutama penguatan karakter anak-anak dalam menyuarakan pendapatnya di Aceh.

“Kita telah bentuk forum anak di enam desa sebagai pendampingan yang berguna bagi anak-anak itu sendiri,” ucap Direktur Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat, Muslim Zainuddin di Banda Aceh, Selasa.

Selama ini, lanjutnya, lembaga itu menggunakan suatu pendekatan yang lebih menitik-beratkan kelompok kerja agar anak-anak berani bersuara pada enam desa di Aceh Besar, Aceh.

Keenam desa tersebut berada di lima kecamatan seperti Desa Neusok di Kecamatan Darul Kamal, dan Desa Lambirah di Kecamatan Sukamakmur.

Lalu Desa Bineh Blang dan Desa Meunasah Tutong di Kecamatan Ingin Jaya, kemudian Desa Lam Ujong di Kecamatan Baitussalam, dan Desa Neuhen di Kecamatan Mesjid Raya.

Menurutnya, keberadaan forum anak telah menguatkan berbagai aspek terutama agar mereka berpartisipasi aktif dalam proses penyusunan kebijakan di berbagai tingkatan.

“Ini membuktikan, bahwa kerja-kerja berbasis masyarakat melalui forum anak ini, mulai membuahkan hasil. Dan menggembirakan bagi kita” terangnya.

Dia menjelaskan, Muhammad Reza Azkia merupakan Ketua Forum Anak Desa Bineh Blang terpilih untuk mengikuti pertemuan Forum Anak Nasional 2017 di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

“Acaranya forum anaknya berlangsung dari tanggal 20 hingga 23 Juli lalu. Beliau memiliki kesempatan berjumpa Presiden Jokowi di peringatan Hari Anak Nasional,” jelas Muslim.

Selain Reza, Aceh diwakili dua orang lagi yakni Ketua Forum Anak Aceh Besar Afra Faradila, merupakan siswi SMA Negeri Modal Bangsa dan Dara Atika siswi SMA Negeri 9 Banda Aceh.

Reza sempat mengutarakan 10 permintaan anak Indonesia langsung kepada Presiden Jokowi saat berlangsungnya Hari Anak Nasional, dan salah satunya mengenai akte kelahiran.

“Kami anak Indonesia menyuarakan, pertama, tingkatkan akses pelayanan pembuatan akta kelahiran terkhusus di daerah pelosok,” kata Reza, sebagai perwakilan Forum Anak Nasional di Lapangan Gedung Daerah Pauhjanggi Provinsi Riau, Ahad (23/7). (Antara)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat