HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tiga Pengoplos Rastra di Tangkap Polisi

0 4

HARIANACEH.co.id, JANTHO — Personel Polres Aceh Besar dan Polsek Indrapuri menangkap tiga pelaku pengoplos beras sejahtera (rastra), di Gampong Lheueh, Kecamatan Indrapuri, Senin (24/7) siang. Selain menangkap para pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti ratusan karung beras.

Dalam operasi yang dipimpin langsung Kapolres Aceh Besar, AKBP Drs Heru Suprihasto SH, polisi berhasil mengamankan sekitar 7 ton beras yang sudah dioplos maupun yang belum. Penangkapan itu menyusul adanya informasi praktik pengoplosan beras Bulog di Indrapuri, yang semestinya dinikmati warga miskin.

Ketiga pelaku yang diamankan dalam toko UD Berkat Tani, yaitu Mis (38) warga Desa Lheuh sebagai pemilik toko, serta Fak (32) yang juga warga Desa Lheuh, dan Mu (25) warga Cot Bak Trieng, Kuta Malaka, keduanya sebagai pekerja di toko itu. Dalam menjalankan aksinya, pelaku menjadikan ruangan belakang toko sebagai tempat mengoplos.

AKBP Heru menjelaskan, selama ini pelaku diketahui membeli beras bulog dari masyarakat yang menerima jatah rastra setiap bulannya. Kemudian beras itu dimasukan dalam karung lain bermerk Segar Wangi untuk selanjutnya dijual kepada masyarakat dengan harga lebih tinggi. Selain itu, pelaku juga menerima tukar tambah antara beras rastra dengan beras merk lain.

Saat penggerebekan, dua pekerja didapati sedang membongkar beras dari karung Bulog ke karung merk Segar Wangi. Sehingga saat puluhan polisi masuk mereka tidak dapat berkutik lagi.

Dalam operasi itu, diamankan 345 karung beras bulog, 125 karung beras segar wangi (isinya beras Bulog), karung beras bulog yang kosong 1.575 lembar, satu unit timbangan beras, serta sebuah mesin jahit karung. Kemudian, pelaku dan barang bukti langsung diamankan untuk penyelidikan lebih lanjut. (Serambi)

loading...