HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wali Kota Berharap Banda Aceh Lahirkan Dai Lokal Berkualitas

0 4

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman membuka acara Penguatan Lembaga Dakwah Sekolah (LDS) Tahun 2017, Selasa (25/7/2017) di Aula Balai Kota. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Syariat Islam (DSI) Kota Banda Aceh yang diikuti oleh beberapa perwakilan sekolah tingkat SMP/MTs di lingkungan kota Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Aminullah Usman memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap program DSI Banda Aceh ini. Ia berharap nantinya akan lahir Dai-Daiyah lokal berkualitas. Pemko Banda Aceh akan memberikan  perhatian serius terhadap pembinaan generasi muda, karena  tantangan semakin berat bagi syariat Islam.

“Selama ini kita sayangkan yang berdakwah di daerah kita Dai-Dai dari luar, sedangkan kita sendiri yang berada di wilayah syariat Islam sangat minim. Maka dengan acara mudah-mudahan nanti lahir Dai-daiyah lokal berkualitas yang mampu berdakwah di tingkat lokal, nasional, hingga internasional,” harap Aminullah.

Aminullah melanjutkan, sebagai daerah Syariat Islam, seharusnya Aceh dapat men-supply Dai-Daiyah ke daerah lain dan bukan sebaliknya. Oleh karena itu, Pemko ke depan akan memberi perhatian khusus untuk segala kegiatan-kegiatan pembinaan kader dakwah. “Semoga anak-anak kita sekalian akan berperan aktif dalam menegakkan agama mulia ini dan menjadi Dai yang akan membimbing umat,” harapnya.

Aminullah Usman berharap kepada siswa-siswa kader dakwah tersebut agar selalu menjalani kehidupan sehari-hari untuk tidak keluar dari koridor-koridor syariat dan tidak boleh jauh dari Allah. Selain itu untuk menjadi seorang Dai yang hebat harus selalu memiliki akhlak mulia. “Dengan akhlak mulia, kita akan dimuliakan orang lain.”

“Dari pengalaman saya memimpin Bank Aceh selama 10 tahun, kejujuran adalah hal yang selalu tertanam, terutama harus jujur kepada diri sendiri,” jelasnya.

Untuk menumbuhkan semangat remaja kader dakwah, Aminullah merencanakan  ke depan akan diadakan perlombaan dakwah dengan hadiah yang besar. Ia mengatakan jangan hanya perlombaan olahraga, hadiah untuk lomba dakwah harus lebih besar karena ini lebih mulia.

Kepala DSI Banda Aceh, Mairul Hazami mengatakan penguatan dakwah tingkat sekolah ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan secara berkesinambungan dengan tujuan untuk menumbuhkan ruh dakwah di kalangan siswa dan untuk membentengi diri serta kawan-kawannya dari pengaruh-pengaruh aliran sesat.

“Kita kan menggerakkan usaha dakwah di sekolah untuk mewujudkan generasi muda yang beriman, bertakwa, dan berintegrasi tinggi. Sehingga akan terbangun generasi Islam yang tangguh dan peduli agama. Dan juga siswa dapat membentuk jaringan dakwah di sekolah secara berkesinambungan,” imbuh Mairul.

Acara ini diikuti oleh 60 peserta pengurus OSIS dari perwakilan 9 sekolah tingkat SMP/MTs di lingkungan kota Banda Aceh. Mereka akan dimentori oleh praktisi dakwah kota Banda Aceh [***]

loading...