HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wilayah Aceh Barat Masih Diselimut Kabut Asap

0 5

HARIANACEH.co.id, Meulaboh — Kabut asap masih menyelimuti wilayah Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, karena masih ada lahan gambut yang terbakar di beberapa kawasan yang sulit dijangkau armada pemadam kebakaran.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Teuku Syahluna Polem, di Meulaboh, Selasa, menuturkan, pihaknya masih melakukan iventarisir kawasan-kawasan yang berpotensi terjadi perluasan kebakaran lahan gambut.

“Hingga hari ini kita masih memantau terus perkembangan, lokasi pemadaman sulit dijangkau armada damkar. Kami sedang rapat evaluasi kiat-kiat penanganan,”katanya.

Kabut asap terlihat sangat pekat sejak pukul 06.30 WIB di seputar Kota Meulaboh, demikian juga di jalan nasional Lintas Meulaboh-Banda Aceh di lintasan Suak Raya, Suak Nie, bahkan SD Negeri 8 Meulaboh di kawasan setempat masih dikepung asap.

Kondisi suhu udara di wilayah Meulaboh, Aceh Barat hingga Senin siang lumayan panas dan memunculkan pemandangan awan berwarna coklat kehitaman di sebelah barat dari Kota Meulaboh, kawasan itu merupakan lokasi terbakarnya lahan gambut.

Komandan Kodim 0105/Aceh Barat Letkol Inf Herry Riyana, menyatakan, pesebaran titik kebakaran sulit dipadamkan secara sempurna, terkadang sudah berhasil dipadamkan, kemudian muncul kembali karena lahan gambut terbakar di bawah permukaan.

“Apinya membakar di permukaan bawah lahan gambut, ketika sudah dipadamkan, malamnya sudah aman, siangnya kembali kelihatan karena tiupan anggin dan suhu udara panas memicu api muncul kembali,” kata Dandim 0105 kepada wartawan.

Pusdalop BPBD Aceh Barat merincikan hingga Selasa (25/7) pukul 07.40 WIB, kekeringan yang terjadi telah mengakibatkan terjadinya kebakaran lahan dan hutan di enam kecamatan dengan luas mencapai 69 hektare.

Kawasan yang mengalami kebakaran lahan dan hutan yakni Kecamatan Johan Pahlawan, Woyla, Meureubo, Sama Tiga, Arongan Lambalek dan Kecamatan Kaway XVI, beberapa lokasi sudah berhasil dipadamkan.

Dampak asap ini telah menyebabkan masyarakat mengalami sesak nafas sehingga terpaksa dirawat di rumah sakit dengan catatan medis mengalami gangguan infeksi saluran pernafasan akut (Ispa) sebanyak 23 orang dalam sepekan terakhir.

loading...