HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bela Negara Diterapkan Saat Awal Masuk Universitas

0 5

HARIANACEH.co.id,  JAKARTA– Daripada hanya melakukan orientasi pengenalan kampus (Ospek) dari kakak kelas, lebih baik, Universitas menerapkan Bela Negara kepada Mahasiswa baru saat awal masuk kuliah.

Hal itu ditekankan oleh Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacududalam paparannya mengenai Bela Negara di depan puluhan rektor universitas di Indonesia.

Dijelaskan olehnya, Kampus merupakan tempat untuk mencetak cendikiawan yang berguna bagi bangsa dan negara.
Ilmu dari kampus, harus mampu diterapkan bukan hanya pengetahuan, tetapi juga bagaiamana dapat mempertahankan keIndonesiaan.

“Kampus itu mencetak cendikiawan bangsa. Jangan sampai kita mencetak ilmunya saja, tetapi bela negaranya tidak ada,” kata Ryamizard di Kantornya, Jakarta, Rabu (26/7/2017)

Caranya, jelas Ryamizard, universitas hanya membutuhkan waktu enam hari kepada mahasiswa baru dengan rincian tiga hari di dalam kelas, tiga hari berikutnya di luar kelas dengan memakai kurikulum yang sudah ada.

Hal itu, dirasa jauh lebih bermanfaat, dibandingkan dengan orientasi yang dilakukan oleh kakak kelas yang meminta kepada adik kelasnya mencukur rambut hingga plontos.

“Itu lebih bermanfaat dibanding cukur plontos kelihatan pitak begitu. Itu sih lucu-lucuan saja,” kata dia.

Penumbuhan rasa cinta tanah air dan negara, diharap dapat dilakukan sejak dini, mengingat kedepannya, bangsa dan negara membutuhkan hal itu dari para penerus. (Tribunnews)

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time